Sukses

Jangan Abaikan Ketika Pusar Terasa Sakit seperti Ini

Ternyata dari perubahan pusar bisa terlihat apa saja gangguan kesehatan yang mungkin kamu miliki.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang bingung dengan fungsi pusar. Dulu, sewaktu masih di dalam kandungan, kamu memang mendapat asupan gizi melalui tali pusar yang terhubungan dengan ibu. Namun setelah sudah dewasa, apa sih kegunaan pusar? 

Meskipun tak banyak orang yang bisa menjawab, ternyata pusar bisa menjadi salah satu indikasi atau tanda-tanda kalau ada yang enggak beres dengan kesehatanmu. 

Dilansir dari Health Line, ternyata dari perubahan pusar bisa terlihat apa saja gangguan kesehatan yang mungkin kamu miliki. Contohnya, pusar yang terasa sakit bukan main. 

Tak banyak orang yang tahu kalau pusar sakit itu bisa jadi tanda penyakit serius. Terus, apa saja penyakit yang muncul kalau ditandai dengan pusar nyeri? 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sakit seperti ditarik ke dalam

Kalau pusar sakit seperti ditarik ke dalam, kamu harus waspada. Soalnya, dilansir dari Health Line, rasa sakit ini bisa jadi tanda hernia pada cowok. Apa lagi kalau nyeri semakin terasa saat batuk. 

 

3 dari 4 halaman

Sakit kalau dipegang

Nah, kalau sakit saat dipegang, ini tanda apa? Ternyata, ini merupakan salah satu tanda ada penyakit Crohn, yaitu timbulnya inflamasi pada usus kecil. Kalau sudah begini, kamu harus buru-buru ke dokter, lho!

4 dari 4 halaman

Sakit dan perut jadi buncit

Nah, kalau yang satu, ini penyakitnya nggak terlalu parah. Ketika pusar sakit dan disertai dengan perut buncit, kamu mungkin memiliki gangguan pencernaan. 

Meskipun enggak terlalu parah, kamu tetap harus ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan lupa, selalu makan makanan sehat, ya! 

 

Sumber: Bintang.com 

(Karla Farhana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.