Sukses

Orang Papua di Daerah Ini Lebih Banyak Makan Karbohidrat

Pemberian makanan dengan gizi seimbang sulit diterapkan di daerah, seperti di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Pemberian makanan dengan gizi seimbang sulit diterapkan di daerah, seperti di Papua. Padaha,l ketercukupan gizi seimbang dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin sangat membantu tumbuh kembang mereka. 

Lantas, seperti apa menu makanan sehari-hari yang diberikan orangtua di Papua kepada anaknya?

Praktisi kesehatan, Nurlely Bethesda Sinaga, menjawab hal tersebut.

"Lebih banyak itu mereka makan makanan mengandung karbohidrat. Contohnya, ubi keladi. Tiap wilayah di Papua kan beda-beda ya makanannya, tergantung dari lokasi tempat tinggal, apakah di pesisir atau di pegunungan. Saya memberi contoh ini di Papua, Pegunungan Tengah," kata Nurlely kepada Health Liputan6.com usai acara diskusi "Kesehatan dan Angka Harapan Hidup" di Diskusi Kopi, Jakarta, Selasa (30/1/2018). 

 

Saksikan juga video berikut ini:  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan dari Kebun Sendiri

Nurlely mengungkapkan, orang Papua di Pegunungan Tengah memperoleh makanan sehari-hari dari hasil kebun sendiri. Mereka bercocok tanam dan berkebun.

"Waktu menanyai menu makanan apa, tiap Mama diminta untuk bawa makanan. Lebih banyak makanan itu dari hasil kebun sendiri. Paling kalau mereka beli di pasar itu minyak goreng," tambah Nurlely.

Yang paling menonjol, hasil kebun yang dipanen lebih diutamakan untuk dijual. Kebutuhan ekonomi rumah tangga didukung penjualan hasil kebun.

3 dari 3 halaman

Harus Belajar Cara Mengolah Makanan

Demi mendukung pemenuhan gizi yang baik, orangtua di Pegunungan Tengah, Papua, harus belajar cara mengolah makanan.

"Kita mengenalkan makanan bergizi kepada mereka. Tapi kita harus tahu dulu, isi kebun mereka seperti apa. Ini diperlukan pendekatan yang intens," tambah Nurlely.

Banyak masyarakat di sana yang masih belum tahu cara mengolah makanan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.