Sukses

Buat Sendiri Sirop Obat Batuk Ini di Rumah

Sirop obat batuk tidak harus didapatkan di apotek. Kini, memanfaatkan bahan herbal dan rempah-rempah, Anda bisa membuatnya di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Batuk merupakan refleks tubuh yang tidak disengaja guna membuang sesuatu yang menyumbat atau ada dalam saluran pernapasan.

Oleh karena itu, beragam jenis obat batuk beredar di pasaran, seperti obat bersifat suppressants yang dikonsumsi saat mengalami batuk kering dan ekspektoran yang bekerja dengan mengencerkan dahak.

Selain sifatnya, obat batuk bisa digolongkan berdasarkan bentuknya. Salah satu jenis yang populer yaitu sirup. Dilansir step to health, Jumat (26/1/2018), obat batuk berjenis sirop sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu.

Kini, untuk mendapatkan sirop obat batuk, Anda tidak perlu membelinya ke apotek. Anda dapat memanfaatkan tanaman di sekitar dan membuatnya sendiri.

1. Kayu Putih, bawang merah, dan lemon

Jangan bayangkan bagaimana rasa dari ramuan tiga bahan ini. Pasalnya, ramuan tersebut dapat menjadi sirup obat batuk yang sangat ampuh.

Kandungan antiseptik, dekongestan, dan ekspektoran pada kayu putih dapat memberikan kelegaan pada sistem pernafasan.

Selain itu, bawang merah berperan sebagai antibakteri dan antiradang, dan lemon dapat menghilangkan infeksi.

Untuk menikmatinya, Anda harus merebus bawang merah dan kayu putih dalam air, dan tambahkan perasan lemon sebelum mengonsumsinya. Anda dapat meminumnya tiga sendok makan per hari apabila batuk masih menyerang.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Biji Rami

Meski berukuran kecil, biji rami memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ekstrak biji ini dipercaya dapat meredakan batuk kering. Biji Rami dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membersihkan saluran pernapasan.

Anda dapat menikmati ekstrak biji rami dengan perasan lemon dan madu. Namun, berbeda dengan ramuan sebelumnya, Anda hanya dianjurkan menikmatinya satu sendok makan per hari.

Selain itu, sirop ini tidak dianjurkan bagi anak di bawah 5 tahun.

3. Campuran Ramuan Herbal

Sirup ini dianjurkan bagi mereka yang memiliki tanaman dan rempah-rempah di rumah. Tanaman dan rempah terdiri dari kamomil, cengkeh, adas hijau, lemon dan madu sebagai pemanis.

Aneka bahan herbal ini dipercaya dapat mengobati batuk kering dan membersihkan saluran pernapasan. Selain meminumnya, Anda dianjurkan untuk menghirup uapnya. Hal ini dilakukan guna membuka jalur pernapasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.