Sukses

Tebak Jenis Kelamin Bayi Cukup Lihat Bentuk Perut Saat Hamil?

Apakah Anda percaya bahwa bentuk perut ibu hamil bisa menentukan jenis kelamin bayi yang dikandungnya?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar bahwa jenis kelamin bayi bisa dilihat dari bentuk perut ibu saat hamil.

Ada yang menyebut, bentuk perut yang agak maju atau buncit ke atas tanda jenis kelamin janin di dalam kandungan adalah laki-laki. Apabila melebar atau sedikit rendah sudah pasti itu perempuan.

dr Grace Valentine, salah seorang dokter yang juga staf dari Klik Dokter membantah pendapat tersebut. Jenis kelamin bayi tidak bisa dilihat hanya dari bentuk perut ibu saat hamil saja. Dengan kata lain pendapat itu adalah mitos.

"Faktanya, bentuk perut selama kehamilan bergantung pada tomus otot perut dan posisi janin di dalam kandungan," kata Grace seperti dikutip Health Liputan6.com pada Jumat, 26 Januari 2018.

Perlu diingat juga bahwa bentuk perut ibu selama kehamilan juga dampak dari kenaikkan berat badan yang rentan terjadi pada ibu hamil. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lihat Jenis Kelamin Bayi

Zaman sudah cukup maju. Teknologi untuk melihat jenis kelamin bayi pun sudah ada. Dengan pemeriksaan ultrasonografi atau USG, calon ibu bisa melihat sedikit bayangan mengenai jenis kelamin bayi yang di kandung.

Biasa baru terlihat di kehamilan 18 sampai 20 minggu. Menurut Grace, keakuratan pemeriksaan ini mencapai 80 sampai 90 persen. Bergantung pada posisi janin.

Selain USG, ada pemeriksaan lain yang bisa dilakukan guna melihat jenis kelamin bayi dengan akurasi tinggi, yaitu Amniosentesis dan sampling vilus korialis.

Hanya saja pemeriksaan ini bersifat invasif. Sehingga hanya dilakukan untuk mendeteksi kelainan genetik atau kromosom pada janin.

"Tes DNA janin yang diambil dari darah ibu juga dapat menentukan jenis kelamin janin, tapi pemeriksaan ini membutuhkan biaya yang besar," kata Grace.

Lebih lanjut, pemeriksaan ini hanya dapat dilakukan di laboratorium yang sangat terbatas dan tidak komersil.

Sebaiknya, jangan terlalu mempercayai mitos, dan bila ingin tahu jenis kelamin bayi di dalam kandungan, kunjungi dokter kandungan terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.