Sukses

Waspadai Kebiasaan Sering Kencing di Malam Hari

Sesekali terbangun untuk kencing di malam hari memang wajar, tapi kalau terlalu sering, perlu diwaspadai.

Liputan6.com, Jakarta Ketika bangun untuk kencing di malam hari, sesekali mungkin ini bukan masalah yang besar. Tapi kalau terus berulang dan mengganggu tidur, Anda patut waspada.

Matthew Rutman, M.D., profesor urologi di Columbia University Medical Center menjelaskan, kebiasaan ini adalah tanda nokturia. Kondisi di mana seseorang selalu pipis di malam hari, terutama pada saat tidur.

Gangguan ini disebabkan oleh salah satu dari tiga kemungkinan penyebabnya: kandung kemih Anda mengalami kesulitan menahan air kencing, sehingga menghasilkan lebih banyak urin daripada biasanya di siang hari, atau Anda menghasilkan lebih banyak air kencing pada malam hari.

Untuk alasan yang terakhir, tandanya anda telah mengalami penuaan, menurut Dr. Rutman. Ini sangat normal.

Yang patut diwaspadai adalah nokturia yang dipicu oleh beberapa faktor lain. Berikut beberapa penyebab yang bisa menyebabkan nokturia, melansir Men's Health, Kamis (25/1/2018):

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pembesaran kelenjar prostat

Kelenjar prostat yang membesar dapat menyebabkan tekanan pada kandung kemih, ini yang jadi alasan mengapa seseorang terus mondar mandir ke kamar mandi.

2. Diabetes

Ketika seseorang menderita diabetes, ia akan mengalami kelebihan glukosa yang mengalir pada ginjal dengan membawa debit air yang tinggi, sehingga kandung kemih akan mudah penuh. Tak heran jika kondisi ini akan membuat penderita diabetes sering merasa haus dan pipis baik di malam atau siang hari.

3 dari 3 halaman

3. Pengaruh obat

Beberapa obat umum, termasuk Lasix dan hydrochlorothiazide, yang digunakan untuk mengobati edema (pembengkakan) dan tekanan darah tinggi, juga bisa memicu anda sering pipis di waktu tidur.

4. Gaya hidup

Kafein dan alkohol keduanya diuretik, yang meningkatkan produksi urin Anda, sehingga minum pada siang hari dapat menyebabkan buang air kecil di malam hari. Minum terlalu banyak cairan di malam hari, terlepas dari jenis apa, juga bisa menyebabkan nokturia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.