Sukses

Demam Kuning Serang Hewan, Sao Paulo Tutup Kebun Binatang

Brazil sedang diserang wabah demam kuning. Tak hanya menyerang manusia, demam kuning pun menyerang hewan, salah satunya monyet.

Liputan6.com, Jakarta Brazil diguncang wabah demam kuning. Negara bagian Sao Paulo menjadi salah satu daerah yang terkena wabah penyakit mematikan ini. Sejak musim dingin 2017, saat demam kuning kembali, penyakit ini telah menelan 70 korban jiwa di daerah tersebut. Brazil sempat dinyatakan bebas dari demam kuning pada 9 September 2017.

Ternyata, penyakit yang disebarkan oleh nyamuk ini tidak hanya menyerang manusia, melainkan hewan. Dilansir the guardian, Kamis (25/1/2018), seekor monyet liar ditemukan tewas di kebun binatang. Setelah dilakukan serangkaian tes, pihak kebun binatang mengonfirmasi monyet tersebut positif mengidap penyakit demam kuning. Hal inilah yang membuat pihak kebun binatang dan kebun raya Sao Paulo berniat menutupnya untuk sementara waktu.

Selain itu, Taman Seni Inhotim juga meminta pengunjungnya untuk menunjukkan bukti vaksinasi saat hendak memasuki tempat wisata tersebut. Pasalnya, destinasi tersebut menjadi tempat yang kerap dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.  Pihak pengelola Taman Seni Inhotim mengeluarkan kebijakan ini sebagai bentuk pencegahan terhadap penyebaran penyakit demam kuning. 

Menanggapi kasus wabah tersebut, dinas kesehatan setempat berencana untuk melakukan vaksinasi pada jutaan orang dalam beberapa minggu mendatang. Adapun kasus demam kuning yang menimpa Brazil, salah satunya, Sao Paulo, terus meningkat pada musim hujan di belahan bumi bagian selatan.

 

Simak juga video berikut ini :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Brazil Darurat Demam Kuning

Beberapa negara bagian di Brazil, seperti Sao Paulo, negara bagian tenggara Minas Gerais, dan Rio de Janiero, melaporkan sebanyak 148 kasus demam kuning di daerah tersebut. Dari data mengenai jumlah kasus itu, sebanyak 69 orang dilaporkan meninggal dunia. 

Setahun yang lalu, Brazil pun pernah mengalami wabah demam kuning yang lebih parah. Berpusat di Minas Gerais, sebanyak 770 kasus terjadi dan demam kuning menelan 250 jiwa. Gejala yang akan dialami oleh penderita demam kuning adalah demam, nyeri otot, dan mual. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.