Sukses

Evaluasi Lanjutan Terkait Keamanan Vaksin Dengue

Inilah evaluasi lanjutan terkait vaksin dengue (Demam Berdarah)

 

Liputan6.com, Jakarta Terkait isu keamanan vaksin dengue (Demam Berdarah) Badan POM RI telah melakukan re-evaluasi keamanan dan manfaat produk vaksin dengue (Dengvaxia) dengan memperhatikan hasil studi terbaru, data keamanaan penggunaan vaksin Dengvaxia di Indonesia, hasil evaluasi yang dilakukan oleh WHO dan rekomendasi IDAI.  Berikut keterangan pers BPOM dari laman resminya, Kamis (25/1/2018):

a. Pemberian Dengvaxia pada individu yang belum pernah terinfeksi virus dengue sebelumnya (seronegatif) menyebabkan peningkatan risiko rawat inap dan demam berdarah dengue berat yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu seronegatif yang tidak diberikan vaksin (plasebo).

b. Khasiat vaksin pada anak usia ≥ 9 tahun lebih kecil pada individu seronegatif dibandingkan dengan individu yang sudah pernah terinfeksi dengue.

c. Vaksin ini memberikan khasiat yang baik pada individu yang sudah pernah terinfeksi virus dengue sebelumnya (seropositif) dengan usia 9-16 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.