Sukses

Tidak Baik Minum Teh Saat Menstruasi, Kenapa?

Ada beberapa anggapan, minum teh saat menstruasi itu boleh, tapi menurut penelitian terbaru, teh justru harus dihindari.

Liputan6.com, Jakarta Saran yang paling terdengar umum saat menstruasi adalah minum teh. Teh dianggap menenangkan kram dan rasa nyeri di punggung selama menstruasi.

Namun menurut beberapa penelitian terbaru, minum teh saat menstruasi mungkin bukan ide yang baik. Ada beberapa alasan, Anda harus menghindari teh saat menstruasi.

Mengandung kafein

Teh mengandung kafein. Kandungan kafein pada teh sebanyak 26,1 mg. Kafein akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang menyebabkan kecemasan dan ketegangan, dilansir dari Times of India, Kamis (25/1/2018).

Hal ini membuat Anda merasa lebih tidak nyaman. Teh hitam, yang juga dikenal sebagai Hong Cha memiliki kandungan kafein paling tinggi. Satu cangkir teh Hong Cha punya kadar 40 - 60 mg kafein.

Di sisi lain, minum 1-2 cangkir teh tidak merugikan Anda jika Anda terus mengonsumsi makanan kaya zat besi dan Vitamin C, yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adanya asam tannat

Semua teh mengandung sejumlah asam tannat, yang bila dikombinasikan dengan makanan akan mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Jadi, minum teh terlalu banyak selama menstruasi mungkin tidak hanya menyebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Tapi juga dapat menyebabkan sakit kepala, mudah tersinggung, insomnia, gelisah, dan gugup.

Yang terbaik, wanita yang sedang menstruasi lebih baik minum air hangat daripada teh hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.