Sukses

Sebelah Kanan Usus Buntu, Sakit Perut Sebelah Kiri Awas Ginjal

Apa saja yang perlu Anda takutkan jika terjadi sakit perut sebelah kiri?

Liputan6.com, Jakarta Kalau gejala usus buntu ditandai dengan sakit perut sebelah kanan, bagaimana kalau yang sakit adalah perut sebelah kiri?

Sakit perut sebelah kiri juga cukup sering dialami oleh siapa saja. Anda barangkali pernah merasakan keluhan tersebut. Kondisi ini menyebabkan beragam keluhan seperti begah, kembung, mual, sampai nyeri perut melilit. 

Beragam penyakit dapat bersembunyi di balik sakit perut sebelah kiri. Berikut beberapa penyakit yang dimaksud:

Sakit perut sebelah kiri atas

1. Gastritis dan tukak lambung

Gastritis (radang lambung) dan tukak lambung (luka di dinding lambung) adalah dua kondisi yang cukup sering menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas. Gejalanya mulai dari rasa penuh di bagian perut, mual hingga muntah, dan nyeri perut.

dr. Sepriani Timurtini Limbong/Klik Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pankreatis Akut

Pankreatitis atau radang kelenjar pankreas menyebabkan rasa nyeri hebat di bagian perut kiri atas, yang menjalar hingga ke punggung. Kondisi ini dapat disertai demam tinggi. Penderita pankeratitis akut perlu mendapatkan perawatan dengan segera, karena penyakit ini tergolong berbahaya.

3. Serangan jantung (angina)

Gejala utama serangan jantung memang biasanya adalah nyeri dada sebelah kiri, yang menjalar ke lengan kiri. Namun pada beberapa orang, seringkali gejalanya tidak khas dan lebih dirasakan di bagian perut sebelah kiri.

Bila Anda mengalami nyeri yang tidak dapat dijelaskan di perut sebelah kiri, disertai mual, muntah, sesak napas, dan keringat dingin, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter secara langsung agar mendapatkan pertolongan secepatnya.

 

3 dari 4 halaman

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Peradangan saluran pencernaan

Radang usus besar (kolitis) dapat menimbulkan gejala sakit perut sebelah kiri bawah, disertai buang air besar cair, konstipasi alias sembelit, nyeri perut ketika buang air besar, perasaan kembung terus-menerus, dan sering buang angin.

Penyakit ginjal

Penyakit yang melibatkan organ ginjal, seperti batu ginjal, batu saluran kemih, dan infeksi ginjal juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah.

Pada kasus batu ginjal dan batu saluran kemih, penderita akan mengalami keluhan tambahan berupa nyeri pinggang, kesulitan buang air kecil, dan buang air kecil berwarna merah. Sementara pada kasus infeksi ginjal, nyeri perut sebelah kiri bawah terjadi bersamaan dengan demam.

Hernia

Kondisi ini sering dialami oleh kaum pria. Biasanya, sakit perut sebelah kiri terjadi saat pasien batuk, dan diikuti timbulnya benjolan di sekitar pangkal paha maupun testis.

Kondisi hernia tidak selalu berbahaya. Akan tetapi, penderitanya tetap harus memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah terjadinya komplikasi.

 

4 dari 4 halaman

Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kondisi ketika indung telur ditumbuhi benjolan. Benjolan ini tidak tampak ke luar, tetapi dapat mencetuskan nyeri. Bila kista terdapat di ovarium kiri, maka penderitanya akan mengalami sakit perut sebelah kiri, yang bisa menjalar hingga pangkal paha.

Beragam kondisi di atas adalah kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kiri yang sering ditemui. Anda dianjurkan untuk segera membawa diri ke dokter, terlebih jika mengalami gejala penyerta, seperti mual dan muntah terus-menerus, demam tinggi, serta buang air besar bercampur darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.