Sukses

5 Mitos dan Fakta Lucu Seputar Bersin

Ada beberapa mitos dan fakta seputar bersin yang sangat menarik untuk diketahui publik.

Liputan6.com, Jakarta Bersin adalah refleks yang tidak disengaja. Suara bersin yang terdengar bisa saja begitu keras. Bahkan bisa membuat orang lain kaget.

Dilansir dari BBC, Rabu (24/1/2018), Anda sebaiknya tidak menahan bersin dengan menjepit hidung dan mulut. Ini berbahaya, seperti yang dialami seorang pria baru-baru ini. Akibat menahan bersin, ia malah sulit menelan dan tidak bisa bicara.

Untuk lebih memahami soal bersin, ada beberapa mitos dan fakta.

Hal yang aneh bisa membuat kita bersin

Menurut peneliti, bukan hanya kuman dan serbuk sari, yang bisa menyebabkan bersin. Cahaya terang, termasuk sinar matahari juga bisa membuat bersin.

Peneliti Jerman di Saarland University Medical Center menemukan, lebih dari 1.000 pasien yang diwawancarai mengalami refleks bersin yang berhubungan dengan cahaya, yang disebut Achoo (ledakan kolomergis helio-ophtalmologis).

Mereka menduga itu dipengaruhi genetik. Penyebab lain, beberapa orang yang kekenyangan bisa bersin.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak akan bersin saat tidur

Tidak akan bersin saat tidur Beberapa orang percaya, bersin mungkin tidak terjadi saat tidur dengan gerakan mata yang cepat (REM). Itu karena otot tubuh rileks dan reaksi refleks dimatikan.

Tapi saat seseorang bergerak masuk dan keluar dari REM dalam keadaan mengantuk, bersin masih bisa terjadi.

Bersin bisa terus terjadi selama bertahun-tahun

Menurut Guinness World Records, lama waktu bersin terpanjang adalah 976 hari. Pembalap Inggris Donna Griffiths mulai bersin pada 13 Januari 1981.

Ia melampaui rekor durasi bersin sebelumnya, yang terjadi pada 26 Juli 1981. Donna bersin kira-kira jutaan kali dalam 365 hari pertama dan bersinnya baru berhenti pada 16 September 1983.

3 dari 3 halaman

Cara terbaik membuat seseorang bersin

Lydia Bourouiba melakukan eksperimen dengan lembut berupa "menggelitik" hidung subjek dengan alat berbentuk batang selama beberapa detik.

Cara ini dianggap bisa membuat seseorang bersin. Metode lainnya bisa berupa mengeluarkan rambut hidung atau mengendus lada.

Tidak ada cara aman untuk menghentikan bersin

Bersin memang tidak bisa dicegah. Tapi kebanyakan orang mencoba untuk menghentikan bersin dengan menahan napas selama beberapa detik sampai dorongan bersin perlahan-lahan berlalu.

Cara lain, jika Anda alergi terhadap sesuatu, seperti serbuk sari, singkirkan pemicu tersebut membantu meredakan bersin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.