Sukses

Keriput di Usia Muda Bukan Hal Mustahil

Apakah keriput juga bisa terjadi di usia muda? Berikut penjelasan dokternya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak risih apabila kulit wajah mulai keriput padahal usia masih sangat muda? Resah dan risih boleh saja, tapi Anda tidak dapat menolak fakta yang ada bahwa usia muda bukan berarti bebas dari keriput.

Kerutan halus biasanya muncul di daerah lipatan wajah seperti garis senyum dan dahi. Kerutan sebenarnya muncul karena beberapa faktor.

1. Tidak pernah atau jarang menggunakan tabir surya

Sinar matahari di siang hari adalah musuh utama kulit. Radiasi ultraviolet mempercepat proses penuaan alami.

Paparan sinar ultraviolet memecah jaringan ikat kulit yang berisi serat kolagen dan elastin, yang terletak di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis).

Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit kehilangan kekuatan dan fleksibilitasnya. Kemudian kulit pun melorot dan keriput sebelum waktunya.

dr. Kartika Mayasari/Klik Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Muda Sudah Keriput, Bisa Saja Terjadi

Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi kurang elastis dan lebih rapuh. Turunnya produksi minyak alami dapat mengeringkan kulit dan membuatnya tampak lebih keriput.

Lemak di lapisan kulit yang lebih dalam akan berkurang. Hal ini menyebabkan kulit kendur dan kerutan halus di beberapa tempat. Keriput biasanya muncul di atas usia 40 tahun.

Merokok

Faktor lain yang menyebabkan kerutan halus di kulit adalah kebiasaan merokok. Merokok dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit Anda. Hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan suplai darah ke kulit Anda.

 

3 dari 3 halaman

Kurang Makan Sayur Picu Timbulnya Keriput

Kurang sayur dan buah

Sayur dan buah yang mengandung antioksidan yang tinggi sebenarnya berguna untuk melawan radikal bebas sebagai penyebab kerutan di wajah.

Sayur dan buah yang mengandung vitamin C dan E juga sesungguhnya bermanfaat untuk menjaga kadar kolagen dan keelastisan kulit.Makanan yang mengandung astaxanthin juga baik untuk kulit.

Astaxanthin atau antioksidan poten yang berasal dari alga haematococcus pluvialis juga dapat memperbaiki elastisitas kulit dan struktur kolagen pada kulit yang rusak akibat adanya radikal bebas. Kandungan kolagen dan elastin juga baik untuk memperbaiki kelenturan kulit.

Jika Anda memiliki faktor risiko yang tinggi untuk memiliki kerutan halus, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk segera mendapatkan penanganan. Kulit keriput memang tidak berbahaya, tetapi hal tersebut bisa cepat terjadi bila tidak segera diatasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini