Sukses

Keguguran seperti Kalina Ocktaranny Bisakah Dicegah?

Berita mengenai Kalina Ocktaranny yang keguguran, dokter pun kembali membeberkan cara mencegahnya

Liputan6.com, Jakarta Berkaca dari Kalina Ocktaranny, mantan istri Deddy Corbuzier, yang baru saja mengalami keguguran, memang wanita harus memperhatikan betul kesehatan janin di kandungan. 

Keguguran adalah kematian janin dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan. Penyebab keguguran ada beragam, mulai dari kelainan kromosom hingga aktivitas fisik tertentu.

Agar terhindar dari keguguran, seperti yang menimpa Kalina Ocktaranny, Anda sebagai ibu hamil dapat melakukan beberapa kiat berikut ini:

dr. Kartika Mayasari/Klik Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cegah Keguguran

1. Hindari rokok

Merokok dapat menyebabkan kelainan kromosom pada janin. Hal ini tidak hanya terjadi pada perokok aktif, tapi juga dapat menyerang perokok pasif yang hanya menghirup asapnya.

Sperma pada pria perokok juga bisa menjadi penyebab kelainan kromosom pada janin, yang dapat meningkatkan risiko keguguran pada kehamilan.

Selain itu, rokok dapat menyebabkan plasenta tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik. Alhasil, janin tidak mendapatkan cukup nutrisi dan bisa mengakibatkan keguguran pada kehamilan.

 

3 dari 4 halaman

Hindari Alkohol Supaya Tidak Keguguran

Ada sekitar 16 persen ibu hamil yang mengalami keguguran, dan hampir setengahnya merupakan penggemar minuman alkohol dan tetap mengonsumsinya saat hamil.

3. Makan makanan yang bergizi seimbang

Penuhi nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Tumbuh kembang janin yang terhambat juga merupakan penyebab keguguran janin dalam kehamilan.

4. Periksa kehamilan dengan rutin

Periksakan kehamilan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pemeriksaan antenatal care bertujuan untuk mencegah kelainan-kelainan selama kehamilan, atau bisa juga untuk mencegah keguguran karena penyakit tertentu.

 

4 dari 4 halaman

Hindari Makanan Tertentu Supaya Tidak Keguguran

Hindari makanan yang mengandung bahan tertentu yang dapat membahayakan janin. Kandungan kimia yang paling sering adalah merkuri yang dapat bersifat toksik atau racun bagi janin, sehingga menyebabkan keguguran.

Merkuri biasanya didapatkan dari makanan laut atau ikan yang kualitasnya buruk.

Keguguran yang terjadi berulang dapat dicurigai karena masalah penyakit penyerta yang lain, misalnya infeksi TORCH. Jika penyebab keguguran adalah penyakit tertentu, maka Anda perlu mengatasi penyakit itu terlebih dahulu.

Ini penting, agar keguguran saat kehamilan berikutnya tidak terjadi kembali. Dan agar kehamilan Anda selalu sehat, rutinlah berkonsultasi ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.