Sukses

Jangan Pernah Konsumsi Mentah-Mentah 3 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian makanan, ada beberapa yang dilarang dikonsumsi mentah atau tidak dimasak. Jika tetap dimakan, ada banyak risiko dibaliknya.

Mulai dari susu sampai kacang merah, berikut makanan yang tidak boleh dikonsumsi mentah mengutip Reader's Digest, Selasa (23/1/2018).

1. Susu

Susu sapi atau dari hewan lain disarankan untuk tidak dikonsumsi langsung. Jika tidak diolah terlebih dahulu bisa mengandung bakteri, seperti E. coli dan Salmonella. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kentang

2. Kentang

"Mengonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal yang tidak diinginkan. Hal ini terjadi karena kentang mengandung zat tepung yang tidak bisa dicerna sistem pencernaan," kata ahli nutrisi Lisa Davis.

 

3. Kacang merah

Kacang merah merupakan salah satu makanan sehat, tapi kalau dikonsumsi saat mentah ya berbahaya. Bila tidak sengaja makan mentah, bisa menyebabakan malapetaka pada perut.

"Kacang merah mentah mengandung racun phytohemagglutinin yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gejala gastorintestina serupa keracunan makanan," kata Davis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.