Sukses

Begini Lo Diet Sehat yang Paling Dianjurkan Para Pakar

Bukan diet mayo, diet paleo, maupun diet-diet populer lainnya yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta Diet yang bagus dan baik bagi tubuh tentu saja diet gizi seimbang (healthy balance diet). Bukan jenis diet yang populer dua sampai empat tahun terakhir ini.

Semua jenis diet ini memang punya satu poin yang sama agar berat badan cepat turun, yaitu defisit kalori. Defisit kalori yang baik adalah jumlah yang masuk harus lebih sedikit daripada yang keluar.

Pelaku diet tidak harus tidak makan makanan tertentu agar defisit kalori terjadi. Seperti yang dianjurkan jenis diet tertentu itu. Ada yang tidak boleh makan garam, ada yang ditentukan oleh waktu, ada pula yang hanya boleh makan lemak saja.

"Yang tepat itu adalah diet gizi seimbang. Seimbang yang saya maksud semua (sumber makanan) harus ada. Ada karbohidrat, protein (baik hewani maupun nabati, lemak, serat, semua ada," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah–Bintaro Jaya, Diana F Suganda belum lama ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pola Diet Sehat Anjuran Dokter

Diana sendiri tidak pernah menerapkan pola diet macam-macam ke pasien yang ingin turun berat badan. Gula-gula seperti cokelat dan kue, masih oke. Hanya saja, jumlah kalori yang masuk yang harus diperhatikan.

"Jadi pada diet seimbang ini semua ada. Keju, cokelat, donat, kadang masih saya kasih. Terpenting jumlah. Jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh. Tidak lupa juga vitamin dan mineral," kata Diana.

Jadwal makan teratur, lanjut Diana, ikut memengaruhi proses penurunan berat badan. Begitu kita tidak makan teratur, maka metabolisme menjadi jelek.

 

3 dari 3 halaman

Diet Bukan Berarti Tidak Makan

Diana mengibarakat badan seperti mobil yang harus dikasih bensin terus untuk bisa bergerak. Tubuh juga begitu. Bagaimana mau ada proses pembakaran jika tidak ada makanan yang masuk?

"Dengan diet seimbang dan sehat justru harus makan. Jam makan, porsi, dan cara masuk memengaruhi isi kalori," kata Diana menambahkan.

Diana memang menganjurkan agar tidak makan makanan yang digoreng. Rebus, kukus, dan pepes, paling dianjurkan. Namun, Diana sadar bahwa pasien yang ingin turun berat badan ini hanya hidup sekali. Sehingga buat apa ribet?

"Kalau mau makanan goreng, silakan, tapi bikin sendiri dan dibatasi. Seminggu hanya dua kali. Kalau hari ini sudah digoreng, besok dipepes, besok lagi dibikin teriyaki, baru nanti goreng lagi," kata Diana menganjurkan.

Paling penting adalah aktivitas fisik. Tidak perlu yang berat. Berjalan selama 30 menit adalah aktivitas paling ringan yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

"Sebelum memulai, harus konsultasi ke dokter dulu," kata Diana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini