Sukses

Gunakan Pare dan 3 Bahan Ini, Wajah Kinclong Tanpa Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Di balik rasa pahit pare (paria) menyimpan ragam manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satunya bikin wajah kinclong. 

Dengan mencampurkan sejumlah bahan-bahan alami, pare yang mudah ditemukan saat memesan seporsi siomai ampuh membuat wajah lebih bersih dan berkilau. 

Seperti dikutip dari situs Boldsky pada Sabtu, 20 Januari 2018, pare mengandung vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, dan kalsium yang sebenarnya baik untuk tubuh serta kulit. 

Bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol dan tekanan gula darah, mengonsumsi pare dipercaya dapat menjaga semua kadar itu dalam keadaan normal.

Pare juga dapat menunda munculnya keriput, karena kandungan serum bisa mengurangi garis-garis halus. 

Berikut cara menjadikan pare sebagai bahan perawatan kecantikan agar wajah kinclong;

Pare, jeruk nipis, tomat

Tomat bisa menutup pori-pori besar pada kulit, mengurangi jerawat dan ruam, dan memberi cahaya pada kulit kusam. Jeruk nipis memiliki khasiat pemutih alami. Kandungan asam di dalam air jeruk nipis mengeluarkan sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak berlebih dari kulit.

Blender semua jadi satu. Tambahkan satu tomat, pare, dan perasan jeruk nipis. Oleskan campuran ini secara merata pada wajah dan leher. Diamkan selama satu malam, lalu bilas di pagi hari. Ulangi beberapa kali untuk hasil maksimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wajah Kinclong dengan Pare

Pare, kuning telur, dan yogurt

Kuning telur yang juga sering dimusuhi oleh pelaku hidup sehat menyimpan nutrisi penting untuk melembabkan kulit. Mengoleskan kuning telur ke wajah, membuat kulit wajah lembut dan kenyal.

Sementara yogurt, terlebih yang alami, mengandung asam laktat yang mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori.

Tambahkan pare ke dalam blender. Lalu campurkan pada kuning telur dan yogurt di dalam mangkuk. Oleskan secara merata pada wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

3 dari 4 halaman

Campuran Pare dan Kulit Jeruk

Bagi Anda yang punya masalah dengan jerawat, kelebihan minyak, dan komedo, kulit jeruk merupakan solusi mengatasi masalah wajah itu. 

Caranya mudah. Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama satu sampai hari. Kemudian blender denga pare. Oleskan ke wajah dan pijat merata selama 10 menit. 

Bilaslah dengan air hangat.

Pare dan Mentimun

Potongan mentimun jangan hanya Anda taruh pada bagian mata saja. Ada baiknya mencampurkan pare dnegan mentimun untuk meredakan iritasi dan mengurangi pembengkakan akibat jerawat. 

Cara yang harus dilakukan masih sama. Blender kedua bahan, oleskan ke wajah, diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air hangat.

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga kulit tetap terhidrasi. Meredakan iritasi dan mengurangi pembengkakan akibat jerawat.

Blender mentimun dan pare hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat.

 

4 dari 4 halaman

Pare, Lidah Buaya dan Madu

Ini manfaat dari selembar lidah buaya. Untuk mengatasi iritasi kulit, meredakan luka, bisa juga sebagai pelembab pada wajah berminyak. 

Beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E yang terkandung di dalamnya bikin kulit kencang dan wajah kinclong.

Sedangkan madu, mengandung sifat antioksidan, antiseptik, dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah komedo. Madu murni bisa membuat kulit selalu terhidrasi. Proses penuaan yang Anda takutkan akan berjalan lambat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini