Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

3 Hal Ini Biang Keladi Vagina Gatal

Liputan6.com, Jakarta Ketika vagina gatal, sebagian besar wanita merasa panik. 'Aduh, ini kenapa ya?', 'Jangan-jangan jamur'.

Penyebab vagina gatal ada beragam. Namun, umumnya karena ada ketidakseimbangan pH di sana. Ketika pH seimbang, organisme pelindung vagina hidup bahagia menjaga kesehatan organ intim wanita itu.

Selain itu, penyebab vagina gatal juga karena kondisi dalam dan luar vagina terlalu kering. Misalnya karena mengonsumsi pil KB, obat antialergi, antidepresan seperti disampaikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Sheryl A. Ross.

Berikut penyebab lain vagina gatal mengutip Pop Sugar, Jumat (19/1/2018).

1. Gara-gara pengharum

"Iritasi umum yang sering terjadi dan tidak disadari wanita itu karena menggunakan sabun mandi harum, deterjen yang tertinggal, bedak talc, dan aneka pewangi di sekitar vagina," kata Ross.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gara-gara cukur bulu kemaluan

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab tersering vagina gatal dan iritasi. Biasanya disertai dengan keputihan serta kemerahan.

"Candida albicans adalah jamur yang biasanya menyebabkan infeksi vagina. Jika terjadi lebih dari tiga kali setahun, segera kunjungi dokter kandungan," saran dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Christine Sterling.

3. Cukur bulu kemaluan

Sterling sering mendapati banyak pasiennya yang mengalami vagina gatal berawal dari lecet akibat cukur bulu kemaluan.

"Jika lecet sampai membuat infeksi, itu yang membuat histamin di kulit keluar dan menyebabkan rasa gatal," kata Sterling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.