Sukses

Meski Sulit Sinyal, Satgas TNI Sudah Tangani Pasien Campak Asmat

Satgas TNI sudah melakukan pelayanan kesehatan untuk pasien campak dan gizi buruk di Asmat, Papua, walaupun terkendala sinyal.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah bergerak menangani pasien campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua.

Dari 17-18 Januari 2018 sekitar 2.027 warga Asmat telah mendapatkan pelayanan kesehatan dari Satgas TNI, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan pemerintah setempat.

Pelayanan berupa imunisasi untuk 1.871 orang, penanganan gizi buruk sebanyak 22 orang, dan pengobatan campak terhadap 121 orang, sesuai rilis yang diterima Health Liputan6.com dari Puspen TNI, Jumat (19/1/2018).

Tak hanya campak, Satgas TNI juga menangani pasien yang terkena malaria (4 orang), TBC (4 orang), dyapesia (3 orang), dan pengobatan tetanus (1 orang), serta transfusi darah (1 orang).

Dalam menjalankan pelayanan kesehatan, Satgas Kesehatan TNI sebenarnya terkendala sinyal telekomunikasi. Laporan lengkap kondisi pasien dan penanganan yang diberikan, belum dilaporkan seluruhnya. Namun, tim sudah melakukan penanganan campak dan penyakit lain di lapangan.

 

 

Simak video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Speedboat

Untuk menjangkau pasien di lapangan, Satgas Kesehatan TNI dibagi menjadi delapan Tim Kesehatan Gabungan. Tim terdiri atas TNI, Dinkes, Pemda Asmat, dan Aparat Kewilayahan yang diterjunkan ke distrik (kecamatan) di wilayah Kabupaten Asmat.

Tim menggunakan speedboat sebagai transportasi utama menuju titik-titik lokasi.

Para dokter spesialis dan paramedis, yang tergabung dalam Tim Kesehatan Gabungan mendatangi rumah-rumah warga di kampung-kampung wilayah Asmat.

Warga pun diberikan pelayanan kesehatan secara langsung, khususnya warga yang terkena wabah campak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak

  • Gizi buruk atau yang dikenal sebagai kwashiorkor dalam dunia medis, merupakan salah satu bentuk malnutrisi.

    Gizi Buruk

  • Asmat

  • Papua