Sukses

Saat Diet, 5 Kesalahan Ini Paling Sering Wanita Lakukan

Ketika melakukan diet, wanita kerap melakukan kesalahan yang tidak disadari, dan itu berdampak pada pola hidup yang justru tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Beragam cara dilakukan oleh para wanita untuk menjaga bentuk tubuhnya, seperti melakukan diet, latihan fisik, dan sebagainya. Bentuk tubuh yang ideal menjadi dambaan bagi setiap wanita. Namun demikian, hal ini terkadang tidak didukung oleh prosedur yang baik dan benar. Hal ini sangat mungkin berdampak negatif bagi tubuh.

Dilansir health, Jumat (19/1/2018), dalam melakukan diet, wanita kerap melakukan kesalahan baik sengaja maupun tak disengaja. Meski terdengar sepele, kesalahan ini bila dilakukan terus menerus akan berdampak pada pola hidup. Apa saja kesalahan tersebut? berikut ulasannya :

1. Mengatakan pada diri sendiri bahwa anda sedang 'diet'

Ketika sedang mencoba untuk menghentikan konsumsi makanan tidak sehat, Anda mungkin kerap menanamkan di pikiran bahwa 'Anda sedang diet'. Padahal, ungkapan ini justru secara tidak sadar akan membuat Anda berpikir ketika niat untuk menurunkan berat badan sudah terwujud, pola makan tidak sehat akan kembali. Oleh sebab itu, yang terpenting adalah jangan berorientasi pada hasil, tetapi tetap berpegang pada perubahan gaya hidup.

2. Mengganti menu makan siang dengan salad

Mungkin Anda berpikir ketika melakukan diet, yang harus dilakukan adalah memakan sayur sebanyak-banyaknya. Bahkan, Anda mengganti menu makan siang dengan salad yang penuh dengan sayuran. Tentu hal ini merupakan ide yang buruk, sebab tubuh pun butuh asupan gizi yang seimbang. Hanya memakan sayur-sayuran dapat membuat Anda mudah lapar, dan dapat menggagalkan diet Anda seketika.   

 

Simak juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Porsi yang Sewajarnya Saja

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan bergizi

Kesalahan ini memang terdengar aneh dan mengejutkan. Pasalnya, pakar gizi menyarankan para pelaku diet untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Jenis kudapan tersebut memang baik dikonsumsi, terutama bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Namun, perlu diperhatikan porsinya karena sesuatu yang melebihi batas pun menimbulkan efek yang tidak baik.

4. Mengutuki makanan tidak sehat yang anda gemari

Secara psikis, mungkin Anda akan berpikir ketika mengutuki diri sendiri jika mengulangi kesalahan, hal tersebut membebaskan Anda dari kebiasaan buruk itu. Padahal, percaya atau tidak, kebiasaan buruk itu bisa kembali pada diri Anda. Akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang pas.

5. Menyimpan kalori untuk menikmati minuman beralkohol di akhir pekan

Apabila Anda salah satu orang yang memiliki pola pikir ini, lebih baik jauhkan pikiran ini sekarang juga. Pasalnya, minuman beralkohol berpotensi membuat Anda mengonsumsi makanan cepat saji, seperti kentang, pizza, hamburger, dan sebagainya. Selain itu, efek dari minuman beralkohol akan membuat Anda merasa lapar di keesokan harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.