Sukses

Hal yang Anda Perlu Ketahui tentang Gerakan Janin Dalam Kandungan

Liputan6.com, Jakarta Setiap perempuan yang telah menikah, momen paling ditunggu adalah berita kehamilan. Fase ini bisa membahagiakan sekaligus mendebarkan. Bahagia karena ini adalah calon buah hati pertama. Berdebar karena ada kekhawatiran tersendiri ketika mulai timbul gerakan janin di dalam kandungan.

Setiap gerakan adalah tanda bahwa calon bayi sedang berkomunikasi kepada ibunya. Gerakan bisa mencerminkan mood janin.

Berikut sederet fakta seputar gerakan janin di dalam kandungan yang bisa menjadi sinyal untuk bumil bahwa janin mereka aktif dan sehat, seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (19/1/2018).

1. Momen Janin Mulai Bergerak

Sebagian besar janin mulai bergerak sejak usia kehamilan 7 sampai 14 minggu. Namun, sebagian besar bumil merasa janin mereka bergerak pada usia kehamilan 18 hingga 20 minggu. Beberapa wanita hamil merasakannya di awal minggu ke-16.

Jika tak merasakan gerakan apapun di kandungan hingga kehamilan 24 minggu, ada baiknya Anda bergegas periksa ke dokter kandungan.

2. Momen Kepala Janin Mulai Berputar

Wanita hamil butuh waktu sekitar 16 minggu untuk merasakan gerakan janin. Pada usia 7 minggu, janin mulai melakukan gerakan umum. Pada minggu ke-10, umumnya janin akan mulai memutar kepalanya.

Begitu ia berusia 14 minggu, janin mulai menguap dan mengedipkan matanya.

 

Simak juga video menarik berikut :

1 dari 2 halaman

3. Apa Iya Janin Bergerak Selama Kehamilan?

Ketik wanita hamil merasakan tendangan yang kuat dan sikutan yang menyakitkan, maka ada juga periode pada siang hari di mana janin tak akan bergerak. Saat janin tak bergerak, sebaiknya Anda tak usah panik. Itu pertanda janin sedang tidur siang. Di usia kehamilan 30 minggu, janin akan beristirahat selama 45 menit.

4. Tendangan Janin yang Normal dalam Sehari 

Untuk tendangan, tidak dapat dipastikan jumlahnya, karena setiap kehamilan frekuensinya akan bervariasi.

5. Bagaimana Jika Janin Tidak Bergerak Lebih dari sehari?

Cobalah berbaring miring dan tunggu selama dua jam. Jika merasakan setidaknya 9 gerakan dengan berbagai kekuatan, tandanya janin baik-baik saja. Bisa juga, wanita hamil bersikap santai dan makan sesuatu. Janin mungkin bereaksi terhadap perubahan pergerakan saat mengasup makanan. Atau bisa juga mengonsumsi minuman dingin.

Perubahan suhu bisa mendorong janin untuk bergerak. Selain itu, pergerakan janin bisa juga dirangsang dengan membuat beberapa suara menggunakan musik.

 

Artikel Selanjutnya
Menjelang Pernikahan, Manjakan Diri dengan 7 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Seberapa Penting Vitamin C bagi Kecantikan Kulit?