Sukses

23 Penyakit Akibat KLB, Dinkes Asmat Diminta Merespons Cepat

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua meminta Dinkes Kabupaten Asmat agar lebih sigap menggalakkan aktivitas sistem kewaspadaan dini dan respons cepat terkait pelaporan 23 penyakit yang berpotensi timbul kejadian luar biasa (KLB) atau wabah.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinkes Papua, dr Aaron Rumainum, di Jayapura, Jumat, mengatakan sistem kewaspadaan dini dan respons cepat dan tanggap itu dapat secara rutin dilaporkan dengan menggunakan layanan pesan singkat (SMS). 

"Sistem pelaporan cepat terkait 23 penyakit yang berpotensi terjadi kejadian luar biasa atau wabah lewat SMS," ujarnya, dikutip dari AntaraNews, Jumat (19/1/2018).

Aplikasi itu dari pusat ke puskesmas, dan laporan yang disampaikan langsung masuk Dinkes kabupaten, Dinkes provinsi, dan ke ke pusat yaitu Kementerian Kesehatan. Aaron berharap semua puskesmas di Kabupaten Asmat agar menggalakkan sistem tersebut, termasuk empat kabupaten lainnya.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 kabupaten lain harus meningkatkan kewaspadaan dini

Kemudian, pengadaan dokter di puskesmas, termasuk tenaga gizi dan tenaga kesehatan tetap dan pengadaan tenaga bidan dan perawat.

"Kalau bisa pengadaan tenaga kesehatan sampai di puskesmas pembantu, termasuk di lima Kampung Korowai Asmat, yaitu Baigon, Ayak, Nagatun, dan kampung lainnya," ujarnya.

Ia menambahkan, bukan hanya Asmat yang menggalakkan sistem kewaspadaan dini dan pengadaan tenaga kesehatan, akan tetapi 14 kabupaten lainnya juga. Di antaranya Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Paniai, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, dan Mamberamo Tengah. Selanjutnya Kabupaten Mamberamo Raya, Lanny Jaya, Tolikara, Yahukimo, Asmat, Waropen, dan Kabupaten Nduga.

(Musa Abubar/AntaraNews)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak

  • Gizi buruk atau yang dikenal sebagai kwashiorkor dalam dunia medis, merupakan salah satu bentuk malnutrisi.

    Gizi Buruk

  • Asmat

  • KLB Asmat