Sukses

Derita Advent Bangun Akibat Gagal Ginjal

Bintang laga Advent Bangun diketahui tengah dirawat karena gagal ginjal. Apa saja penyebab penyakit seperti Advent Bangun ini?

 

Liputan6.com, Jakarta Kabar Advent Bangun sedang dirawat karena mengalami gagal ginjal bikin publik kaget. Lama tak terdengar kabar, mantan atlet karate yang juga pemain film laga senior ini sudah menjalankan prosedur cuci darah sebanyak dua kali setiap minggu sejak April 2017.

Kabar ini keluar dari mulut Advent Bangun, Lois Riani Amalia Sinulingga. Sekarang, sang legenda hidup itu membutuhkan bantuan berupa golongan darah O.

Lois juga mengatakan bahwa suami tercinta sudah mengidap diabetes sejak 13 tahun lalu. Kondisi kesehatan pemain film Rajawali Sakit dan Golok Setan ini lambat laun menurun. Gaya hidup disinyalir jadi penyebab kondisi tidak menyehatkan ini bisa terjadi.

Gaya hidup kurang sehat seperti jarang berolahraga, sering mengonsumsi minuman ringan dan bersoda, serta kurang minum air putih jadi kebiasaan Advent Bangun.

dr. Andika Widyatama/Klik Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebab Gagal Ginjal seperti Advent Bangun

Gagal ginjal terjadi ketika jaringan ginjal rusak, sehingga organ ini kehilangan kemampuannya untuk menyaring racun dari dalam darah. Pada umumnya, gagal ginjal terjadi bersamaan dengan gangguan kesehatan lainnya.

Dalam kondisi tersebut, gagal ginjal dapat terjadi bila Anda mengalami beberapa kondisi berikut ini:

1. Aliran darah ke ginjal berkurang atau melambat

2. Ada riwayat benturan yang menimbulkan kerusakan pada jaringan ginjal

3. Ada sumbatan di saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih (ureter).

 

3 dari 4 halaman

Beberapa Risiko Terjadinya Gagal Ginjal

Adapun beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gagal ginjal, yaitu:

1. Usia lanjut

2. Penyakit diabetes

3. Penyumbatan pembuluh darah di lengan atau tungkai

4. Hipertensi (tekanan darah tinggi)

5. Penyakit ginjal

6. Penyakit hati

7. Efek lain dari gagal ginjal

Tak hanya itu, penyakit diabetes yang dialami oleh aktor laga Advent Bangun pun bisa mengganggu fungsi ginjal bila tidak diobati dengan memadai.

Menurut penelitian di National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) Amerika, kebiasaan konsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit diabetes, hipertensi, dan batu ginjal. Ketiga masalah kesehatan tersebut merupakan faktor risiko terjadinya gagal ginjal.

 

4 dari 4 halaman

Kurang Olahraga Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Kurangnya berolahraga juga dikaitkan dengan kurang baiknya sistem peredaran darah yang pada akhirnya dapat memengaruhi fungsi ginjal.

Sedangkan kurang minum air, juga dapat memengaruhi fungsi ginjal, karena konsumsi air putih dapat membantu proses produksi urine dan membuang racun-racun dari tubuh, serta dapat mencegah terjadinya batu ginjal.

Berkaca dari kasus gagal ginjal yang dialami oleh Advent Bangun, mulailah untuk menciptakan kebiasaan yang sehat untuk Anda dan keluarga.

Konsumsilah air putih dalam jumlah cukup, berolahragalah secara rutin dan jangan menunda waktu untuk buang air kecil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini