Sukses

Bantuan KLB Campak dari Kemenkes disebut 3P, Apa Itu?

Terkait KLB Campak, beberapa pihak turun tangan dalam menangani permasalah tersebut, termasuk Kemenkes RI yang hari ini datangi 3 distrik.

Liputan6.com, Jakarta Hingga hari ini, bantuan terkait KLB (Kejadian Luar Biasa) campak masih terus berdatangan ke Kabupaten Agats-Asmat. Salah satunya bantuan dari Pemerintah Pusat, yang dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, dr. Steven Langi, mengungkapkan tim dari Kemenkes RI sedang terjun ke 3 distrik di Asmat.

"Tiga distrik itu adalah Pulau Tiga, Kolfbrasa, dan Sawa Erma," tutur Steven, saat diwawancarai Health Liputan6.com, Kamis (18/1/2018).

Steven menjelaskan, bantuan yang diberikan sesuai dengan permintaan Bupati. Bantuan dari Kemenkes RI tersebut diberi nama 3P, yakni Pengobatan dan penanganan, Pencegahan lewat imunisasi, dan Pendampingan bagi keluarga yang anggota keluarganya termasuk dalam korban KLB campak

"Bantuan itu tentunya diberikan sebagai bentuk dukungan terhadap keluarga yang terdampak," ujar Steven.

Steven mengakui belum semua titik menerima bantuan. Hal ini dikarenakan pendistribusian bantuan terkait KLB campak masih terus dilakukan.

 

Simak juga video berikut ini :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Besok, TNI Terjun Langsung ke Lapangan

Tak hanya Kemenkes RI, beberapa pihak lain pun turun tangan dalam menangani permasalahan KLB campak ini. Steven mengungkapkan bahwa TNI pun akan berpartisipasi dengan membantu pendistribusian bahan makanan dan vaksin ke beberapa distrik, dan juga penanganan terhadap korban campak.

"TNI baru besok ke lapangan. Mereka akan bergerak ke seluruh titik," tutup Steven.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.