Sukses

BPJS Kesehatan Akan Berlakukan Close Payment bagi Perusahaan

BPJS Kesehatan akan memberlakukan sistem pembayaran tertutup (close payment) bagi perusahaan pada Februari 2018

Liputan6.com, Jakarta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan memberlakukan sistem pembayaran tertutup (close payment) bagi perusahaan. Pemberlakuan ini direncanakan terlaksana pada Februari 2018.

Tujuan diberlakukan program pembayaran tertutup ini agar perusahaan menjalankan kewajiban membayar iuran kepada BPJS Kesehatan.

Jika perusahaan tidak membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu, maka kartu BPJS Kesehatan karyawan otomatis dinonaktifkan.

"Close payment ini agar perusahaan taat dan wajib membayar iuran BPJS Kesehatan," kata Direktur Perluasan dan Pelayanan BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, dalam acara Ngopi Bareng JKN, "Pandangan Publik terkait Terbitnya Inpres 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Program JKN-KIS" di Watt Coffee, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Sistem pembayaran tertutup ini masih dalam proses penyelesaian. Menurut Ani, panggilan akrabnya, informasi pembayaran tertutup ini memang belum dipublikasikan kepada publik.

"Ya, karena ini bersifat antarlembaga, BPJS Kesehatan dan badan usaha," ujar Ani.

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetapkan kecocokan data

Namun, hingga tahap ini masih menuju pemberlakuan pembayaran tertutup BPJS Kesehatan terhadap perusahaan. BPJS Kesehatan masih mencocokkan data terkait jumlah karyawan.

Selain itu, perhitungan soal besaran iuran yang harus dibayarkan oleh perusahaan yang bersangkutan juga didiskusikan kepada badan usaha.

"Data jumlah karyawan harus cocok. Kalau tidak cocok akan merugikan pegawai. Jadi, bisa saja ada pegawai yang tidak dapat hak (menggunakan kartu BPJS-nya). Padahal, gaji pegawai itu sudah dipotong 1 persen untuk iuran BPJS Kesehatan," ucap Ani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan