Sukses

Bikin 2018 Jadi Tahun Bebas Stres dengan Lakukan 5 Hal Ini

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar sepanjang tahun ini hidup jauh dari stres tapi lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Tiga minggu pertama 2018 berjalan, apakah sudah merasa stres? Jika iya, jangan lupa untuk memberi perhatian pada diri sendiri.

"Kita cenderung lupa untuk memberi perhatian kepada diri sendiri, tapi itu sesungguhnya penting," kata life coach Apryl Zarete.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar sepanjang tahun ini hidup jauh dari stres tapi lebih bahagia mengutip Health, Kamis (18/1/2018).

1. Liburan

Rencakanan liburan di tahun beberapa kali. Jika meluangkan liburan di tengah padatnya aktivitas pekerjaan bisa membuat pikiran jadi lebih tenang.

"Ketika bisa bersantai saat liburan, saat kembali bekerja jadi lebih produktif," kata Apryl.

2. Belajar katakan 'tidak'

Mengatakan 'tidak' bukanlah hal mudah. Namun, hal ini diperlukan agar kehidupan bisa seimbang. Termasuk menolak ketika hal tersebut tidak ingin dilakukan. Hal ini menjauhkan dari stres

 

Saksikan juga video menarik ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbanyak pengalaman

3. Perbanyak pengalaman

Menurut riset, mengeluarkan uang untuk mendapatkan pengalaman itu lebih berharga dibandingkan membeli barang. Misalnya, memilih bepergian ke Sumba untuk mengajar sehari dan traveling daripada membeli ponsel terbaru.

4. Bangun dengan rasa bersyukur

Setiap kali bangun, jangan langsung tergesa-gesa siap-siap beraktivitas. Pelan-pelan syukuri bahwa hari tersebut bisa kembali hadir serta membayangkan bakal bertemu siapa saja.

"Bersyukur akan satu hal bisa memperkuat pola pikir yang positif serta mencegah untuk merespons sesuatu secara negatif," kata Apryl.

5. Jadwalkan kumpul bersama sahabat

Di tengah kesibukan pekerjaan dan keluarga, banyak orang tak sempat meluangkan waktu berkumpul bersama sahabat. Padahal, mereka juga pondasi hidup yang bahagia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini