Sukses

Salah Pilih Jenis Lemak, Pelaku Diet Keto Bisa Sakit Jantung

Diet keto memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, salah-salah dalam melakukannya, bisa memicu munculnya sakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Diet keto yang diklaim bisa cepat menurunkan berat badan adalah pola yang berisiko. Salah-salah bisa menyebabkan jantung koroner, dan serangan jantung.

Pada praktiknya, pelaku diet keto tidak boleh banyak mengonsumsi makanan dari sumber karbohidrat. Sumber lemak dan protein, menjadi kunci utama keberhasilan diet ini.

Akibat dari konsumsi sumber karbohidrat yang sedikit, tubuh jadi mencari sumber energi lain. Guna mendapatkan yang dicari itu, tubuh akan mengeluarkan insulin.

Namun, dikarenakan tidak ada glukosa sebagai sumber insulin, tubuh jadi memakan lemak sebagai cadangan. Ini yang membuat lemak jadi cepat berkurang. Dan jadi kabar bahagia untuk pelaku diet keto.

Demikian disampaikan Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Diana F Suganda SpGK dalam diskusi bersama media sambut Hari Gizi Nasional 2018 di Jakarta Selatan pada Rabu, 17 Januari 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lemak dipecah, Ini yang berbahaya untuk diet Keto

Diana menjelaskan, cadangan lemak yang dipecah ini mengalir dalam darah. Jika dilakukan pemeriksaan laboratorium, diketahui lipid, kolesterol, HDL, LDL, dan trigliseridanya dalam status mengkhawatirkan.

"Jangka panjangnya bisa berefek buruk pada pembuluh darah. Risiko jantung koroner meningkat," kata dia.

Risiko ini bisa terjadi karena kesalahpahaman para pelaku diet keto yang tidak mengonsumsi lemak sehat. Mereka berpikir, semua jenis lemak sama saja. Padahal tidak demikian.

Ketika semua masakan digoreng dan selalu makan makanan bersantan, lemak jenuh dan tidak sehat yang hanya didapat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.