Sukses

Lawan Insomnia dengan 7 Kebiasaan Ini, Dijamin Tidur Nyenyak

Insomnia bisa terjadi karena pola hidup Anda sendiri. Oleh sebab itu, sebagai alternatif, cobalah lakukan 7 kebiasaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Insomnia kerap dialami oleh sebagian besar orang. Kelainan ini sangat erat kaitannya dengan gangguan kesehatan fisik dan emosional lainnya. Namun demikian, bukan berarti kelainan ini tidak bisa diatasi. Melakukan beberapa kebiasaan baik paling tidak dapat membantu Anda untuk mencapai kualitas tidur yang baik.

Dilansir Step to health, Rabu (17/1/2018), terdapat beberapa kebiasaan baik yang dapat membuat Anda memiliki pola tidur yang baik. 

1. Konsumsi makan malam yang ringan

Anda yang mengalami insomnia, cobalah untuk memeriksa menu makanan Anda kembali. Pasalnya, menu makanan berpengaruh dalam mencapai kualitas tidur. Makanlah makanan yang ringan satu atau dua jam sebelum tidur guna mencegah gangguan tidur di malah hari. Meski terkadang banyak yang berpikir bahwa makan malam tidak baik bagi tubuh, sebaiknya hindari pernyataan tersebut. Mengabaikan makan malam akan memicu munculnya masalah pencernaan, dan akan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

2. Hindari kafein dan stimulan

Jika anda mengalami masalah terkait kualitas tidur, sebaiknya anda mulai berpikir untuk menghindari minuman energi dan kopi. Pasalnya, kafein dan stimulan yang terkandung dalam dua minuman tersebut dapat membuat otak tetap aktif, sehingga dapat menghambat efek neurotransmitter. Akibatnya, kualitas tidur Anda akan berkurang dan berpotensi menjadi insomnia. Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi jus buah atau susu panas.

 

Simak juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keteraturan Menjadi Penting

3. Tetapkan jam tidur yang teratur

Menetapkan jam tidur akan membantu Anda dalam mengatasi insomnia. Keteraturan akan membuat Anda disiplin, dan itu akan berpengaruh pada kualitas tidur. Durasi tidur yang ideal adalah 7 jam. Oleh sebab itu, tetap jaga jam tidur Anda, dan sebisa mungkin tidak berubah meski sedang berlibur.

4. Melakukan latihan fisik secara teratur

Melakukan latihan fisik secara teratur dapat kita dalam memproduksi serotonin, yang tentunya akan menjaga kualitas tidur. Serotonin dapat mengurangi stress dan depresi, sehingga tidak akan lagi yang mengganggu Anda saat tidur. Latihan fisik idealnya dilakukan 30 menit per hari, 4 kali seminggu.

5. Menciptakan kondisi yang nyaman di kamar tidur

Lingkungan rupanya berpengaruh terhadap kualitas tidur. Menjaga kamar hanya untuk beristirahat pun menjadi salah satu saran yang baik terkait dengan mengatasi masalah insomnia. Bila anda kerap melakukan aktivitas seperti menonton televisi, bekerja dengan menggunakan komputer, sebaiknya mulai sekarang carilah alternatif lain. Hal itulah yang akan mengganggu anda ketika beristirahat.

3 dari 3 halaman

Ketenangan menjadi kunci dalam menjaga kualitas tidur

6. Meditasi

Suka atau tidak, salah satu penyebab insomnia adalah gangguan emosional seperti kecemasan dan stress. Pada dasarnya, Anda hanya butuh ketenangan untuk bisa beristirahat tanpa mengalami gangguan. Oleh sebab itu, lakukanlah terapi meditasi untuk menenangkan pikiran. Anda dapat mencari tempat yang sepi dan suasana yang nyaman untuk melakukan ini.

7. Minum air infus

Jangan membayangkan air infus yang diminum adalah air yang terdapat pada botol infus di rumah sakit. Air yang dimaksud adalah air mineral yang dimasukkan bahan herbal. Tentunya, tidak semua bahan herbal dapat membantu mengatasi Insomnia. Beberapa di antaranya yaitu daun mint, lavender, dan lemon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur.

    Insomnia