Sukses

Setengah Cangkir Teh Bikin Otak Lebih Encer dan Kreatif

Menurut studi, ide brilian atau keren akan muncul beberapa menit setelah kamu menyesap setengah cangkir teh.

Liputan6.com, Jakarta Kamu ingin lebih kreatif? Cobalah minum teh. Setidaknya, begitulah hasil temuan sebuah studi.

Menurut studi, ide brilian akan muncul beberapa menit setelah kamu menyesap setengah cangkir teh. Ya, tak perlu banyak, setengah cangkir saja sudah cukup memicu kreativitas.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Peking University, China, dan melibatkan sekitar 90 mahasiswa, melansir laman New York Post, Rabu (17/1/2018).

Para relawan tersebut dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi asupan satu cangkir teh tiga menit sebelum diminta mengerjakan sebuah tugas. Sementara kelompok lainnya hanya diberi minum air biasa.

Kedua kelompok tersebut kemudian diminta untuk menciptakan konstruksi maket bangunan yang menarik dan memikirkan nama yang keren untuk sebuah restoran. 

Hasilnya, kelompok mahasiswa yang minum teh mendapat skor lebih tinggi dibandingkan kelompok mahasiswa yang hanya minum air.

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek minum teh serupa dampak meditasi

Pemimpin studi, Yan Huang, mengatakan, "Riset terbaru ini menunjukkan bahwa minum teh bisa meningkatkan performa kreatif dengan pola pikir berbeda."

Hasil riset tersebut memberi pemahaman yang lebih jelas mengenai fungsi teh terhadap kreativitas seseorang.

"Ini memberi cara baru untuk meneliti hubungan antara konsumsi makanan dan minuman terhadap peningkatan kecerdasan seseorang," lanjut Huang.

Kandungan kafein dan theanine dalam teh terbukti meningkatkan kecepatan, akurasi, serta fokus mental. Kedua zat tersebut memperbaiki mood dan membantu individu jadi lebih santai. Efeknya bisa dikatakan serupa dengan meditasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.