Sukses

Ikigai, Cermin Semangat Hidup di Dalam Diri agar Lebih Bahagia

Dalam budaya Jepang, tidak mungkin tidak bahagia saat menemukan ikigai.

Liputan6.com, Jakarta Jepang memiliki budaya Ikigai yang memiliki makna semangat hidup dengan mengkaji kembali alasan Anda bangun pagi dan menikmati kehidupan dengan tujuan dan passion.

Filosofi ini memang cukup dalam bagi masyarakat Jepang. Namun tak ada salahnya mempelajari cara bagaimana mereka bisa bahagia.

Ikigai sebenarnya ada di dalam diri kita semua. Hanya, tidak semua orang bisa menemukannya. Inilah masalahnya. Beberapa orang hanya membutuhkan waktu berbulan-bulan, sedangkan yang lain bisa beberapa tahun.

Dalam budaya Jepang, tidak mungkin tidak bahagia saat menemukan ikigai. Anda telah menemukan apa yang membuat hidup Anda bermakna. Itu alasannya, bila Anda tahu, orang Jepang bisa bangun tidur setiap hari dengan energi dan dalam suasana hati yang baik.

Inilah yang jadi masalah bagi beberapa orang sekarang. Kita tidak tahu apa tujuan hidup. Di sisi lain, hal ini membuat sebagian orang akhirnya tidak menikmati hidup dan cenderung bermalas-malasan.

Untuk mencari ikigai, ada beberapa tips yang bisa Anda coba, seperti dikutip Step to Health, Rabu (17/1/2018):

1. Ikuti Ikigai Anda

Meskipun Anda mungkin telah menemukan ikigai saat ini, penting untuk mengetahui satu hal: Ada hasrat atau bakat yang belum Anda ketahui di dalam diri Anda saat ini.

Misalnya saja, Anda mungkin bisa memotivasi teman. Tapi kemudian mungkin ikigai Anda akan mengubah Anda menjadi pelatih atau pembicara motivasi.

Jadi lihatlah lebih dalam diri Anda. Kemudian, lanjutkan ikigai Anda di setiap langkah agar hidup lebih bahagia

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Hiduplah di saat ini

Kesampingkan pemikiran dari masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan. Cobalah mempraktikkan mindfulness atau beberapa jenis meditasi. Mungkin Anda akan menemukan "apa" yang memberi makna pada hidup.

3 dari 5 halaman

3. Jangan menyerah, maju terus

Terkadang, kita suka berlibur dan menginginkan cukup uang sehingga suatu hari kita bisa berhenti bekerja dan hidup di masa tua. Namun memperkaya diri ternyata tak bisa menjamin kebahagiaan seseorang.

Jadi jangan puas dengan pekerjaan yang tidak memuaskan Anda. Berusahalah, tingkatkan diri, dan terus maju.

4 dari 5 halaman

4. Lakukan apa yang Anda sukai

Apa yang Anda suka kerjakan? Apakah Anda suka bermain ski, memainkan alat musik, membaca, atau bepergian? Lakukan apa yang Anda cintai dan jangan membuat alasan. Jika tidak, Anda akan kehilangan ikigai Anda dan Anda harus kembali dan menemukannya.

Kadang-kadang, orang akan beralasan: "Saya tidak punya waktu," atau "Saya akan melakukannya nanti," atau "Saya tidak punya uang," alasan ini akan menunda-nunda apa yang ingin kita lakukan.

5 dari 5 halaman

5. Jaga lingkungan sekitar Anda

Lingkungan Anda sangat penting. Bersahabat dengan alam, memiliki persahabatan yang sehat di dekat Anda, dan menjadi positif akan membantu ikigai Anda.

Jaga lingkungan sekitar dan pastikan Anda merasa nyaman. Anda akan melihat bahwa semuanya jauh lebih sederhana daripada yang terlihat dan ikigai Anda ada di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.