Sukses

Wanita, Kenali 9 Tanda Pria yang Cintanya Tak Pernah Padam

Liputan6.com, Jakarta Cinta pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: intimacy, passion, dan commitment. Komponen ini dapat memengaruhi perkembangan perasaan cinta kepada pasangan kita, kata guru besar Psikologi Cornell University,Robert J Sternberg.

Ia merinci lebih lanjut tentang tiga komponen tersebut. Intimacy mengarah pada perasaan kedekatan hubungan, yaitu kedekatan yang dirasakan oleh dua orang dan kekuatan ikatan yang menyatukan mereka. Pasangan yang memiliki keintiman yang tinggi biasanya lebih memperdulikan kesejahteraan dan kebahagiaan satu sama lain, serta saling memahami.

Passion mengacu pada aspek-aspek romantis dan aspek seksual dalam hubungan. Sedangkan commitment merupakan ketetapan hati untuk mempertahankan cinta.

Pasangan yang ingin mendapatkan hubungan cinta yang memuaskan dan bertahan lama, tentu saja sebaiknya ketiga komponen cinta ini berkembang secara seimbang.

Sternberg menamakan hubungan cinta seperti ini sebagai consummate love, di mana kombinasi antara komponen-komponennya seimbang. Jika hubungan cinta pada pasangan dapat berjalan seperti ini, besar kemungkinan perasaan cinta yang tumbuh akan bertahan lama atau tidak pernah padam.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mau punya cinta yang tak pernah padam, ini syaratnya

Menurut psikolog klinis, Rena Masri M. Psi, menjelaskan banyak pria yang tidak dapat mempertahankan cinta kepada pasangannya.

"Namun, banyak juga kita temui pria yang dapat mempertahankan perasaan cinta kepada pasangannya, sehingga perasaan cinta tersebut tidak pernah padam," lontar Rena kepada Health-Liputan6.com, ditulis Selasa (16/1/2018).

Sebenarnya sikap dan perilaku seperti apa yang dapat dilakukan pria untuk mempertahankan cintanya agar selalu awet pada pasangannya? Psikolog klinis kelahiran 1980 ini merinci sembilan faktornya. Apa saja? 

-  Peganglah selalu komitmen yang telah dibuat bersama pasangan

-  Tetapkan tujuan dari hubungan

-  Komunikasi yang efektif

-  Luangkan waktu bersama

-  Saling toleransi dan adaptasi

-  Tidak malu untuk minta maaf dan memaafkan

-  Komunikasikan tentang hubungan seksual

-  Saling jujur dan terbuka satu sama lain

-  Berusaha untuk tampil sehat dan menarik

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.