Sukses

Sikat Gigi Manual Tidak Lebih Baik dari Elektrik?

Mana yang lebih baik dan dianjurkan untuk membersihkan karang gigi dan permasalahan kesehatan mulut lainnya

Liputan6.com, Jakarta Menyikat gigi, baik menggunakan sikat gigi manual maupun elektrik, dapat mengurangi risiko penyakit mulut. Dari risiko penyakit gusi tahap ringan (gingivitis) sampai tahap lanjut (periodontitis), dan dapat menurunkan tingkat karies gigi jika digunakan bersama pasta gigi yang mengandung fluoride. 

Hasil sebuah penelitian di dalam Journal Indian Society of Periodontology, menunjukkan bahwa penggunaan sikat gigi elektrik dan manual sama-sama efektif dalam mengurangi plak gigi dan menurunkan risiko gusi berdarah akibat peradangan. Keduanya tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Sedangkan pada percobaan yang dimuat dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dentistry mengatakan bahwa sikat gigi elektrik lebih efektif dalam membersihkan plak gigi yang berada di atas perbatasan garis gusi, dibandingkan dengan sikat gigi manual pada hari ke-42.

Namun untuk perbandingan dalam membersihkan sisa makanan dan karang gigi, baik sikat gigi manual maupun elektrik tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

drg. Callista Argentina/Klik Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sikat Gigi Manual dan Elektronik Mana yang Lebih Baik?

Hal ini terjadi karena pada sikat gigi elektrik dapat merusak ikatan bakteri yang membentuk plak gigi. Pergerakan dan perputaran dari bulu sikat gigi elektrik dengan frekuensi 7600 rpm dapat membantu membersihkan gigi dengan kekuatan yang lebih dari sikat gigi manual.

Selain itu, adanya bulu sikat gigi elektrik yang khusus untuk menjangkau sela-sela gigi membuat gigi menjadi lebih bersih lagi.

Oleh karena itu, bila dibandingkan, sikat gigi elektrik dapat membersihkan plak gigi lebih banyak dibanding sikat gigi manual. Selain itu sikat gigi elektrik membuat orang yang kurang terampil atau memiliki keterbatasan, tetap mendapatkan hasil kebersihan gigi yang optimal dalam menyikat gigi.

Namun perlu diingat bahwa kekurangan dari sikat gigi elektrik yaitu memerlukan baterai, harga jauh lebih mahal dan kurang praktis untuk dibawa bepergian. Oleh sebab itu, sikat gigi manual masih menjadi pilihan utama mayoritas orang-orang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Jadi, mana yang Anda pilih?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.