Sukses

Kodam Cendrawasih Kirim Tim Kesehatan Tangani Campak di Asmat

Kodam XVII Cenderawasih mengirim tim kesehatan ke Asmat untuk membantu mengatasi kematian yang disebabkan gizi buruk dan campak.

 

Liputan6.com, Jakarta Kodam XVII Cenderawasih mengirim tim kesehatan menuju Asmat untuk membantu mengatasi kematian yang disebabkan gizi buruk dan wabah penyakit campak. Tim saat ini sudah tiba di Timika, dipimpin Kakesdam XVII Cenderawasih Kol CKM dr Bambang Cahyono bersama 53 tim dokter dan paramedis, kata Kapendam XVII Cenderawasih Kol Inf M Aidi kepada Antara, Senin (15/1/2018).

Dikatakan, tim yang dikirim ke Asmat itu melibatkan Mabes TNI yang tiba di Timika, Senin, dengan membawa berbagai peralatan kesehatan dan sembako. Tim dari Mabes TNI saat ini sudah berada di Timika dan siap diterjunkan ke berbagai lokasi yang warganya mengalami musibah.

"Hercules /A-1326 dengan misi tim Bhakti Kesehatan TNI untuk Asmat sudah tiba di Timika," kata Kol Inf Aidi. Menurutnya, belum diketahui dengan pasti tim tersebut sampai kapan berada di Asmat.

"Belum diketahui dengan pasti berapa jumlah korban yang meninggal dan penyebabnya," kata Kol Inf Aidi. Ia menambahkan, dari data yang diterima terungkap tim di Distrik Pulau Tiga wilayah Nakai tercatat anak yang meninggal akibat campak empat orang. 

Adapun, wilayah kampung Kappi dua anak meninggal akibat campak, Kampung As tercatat sembilan anak meninggal, Kampung Atat sebanyak 23 anak meninggal. (Evarukdijati/AntaraNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak

  • Gizi buruk atau yang dikenal sebagai kwashiorkor dalam dunia medis, merupakan salah satu bentuk malnutrisi.

    Gizi Buruk