Sukses

Pria Ber-IQ Rendah Cenderung Selingkuh?

Liputan6.com, Jakarta Bagi, wanita yang pernah diselingkuhi, coba cari tahu kecerdasan intelektual atau Intelligence Quotients (IQ) pria tersebut. Peneliti di Inggris menyebutkan pria ber-IQ rendah cenderung selingkuh dibanding IQ yang tinggi.

Keterkaitan antara IQ dan selingkuh diungkapkan psikolog London School of Economics and Political Science, Satoshi Kanazawa. Dia melakukan analisis dua survei di Amerika Serikat tentang sikap sosial dengan IQ ribuan remaja dan orang dewasa.

"Berdasarkan analisis empiris menunjukkan, semakin cerdas pria semakin dia menghargai nilai-nilai manogami dan eksklusivitas seksual dibanding pria yang kurang cerdas," kata Kanazawa mengutip laman Telegraph, Senin (15/1/2018).

Menurut pria yang mendalami psikologi evolusi ini, hubungan antara kecerdasan dan monogami pria bisa dilihat dari perkembangan evolusioner. Pada manusia purba, kata Kanazawa, eksklusivitas seksual atau hanya memiliki satu pasangan dirasa kurang bermanfaat.

Sementara itu, di dunia modern menganggap hal itu tidak memberi keuntungan. Namun, hanya pria cerdas yang bisa mengadopsi perilaku baru yakni hanya setia pada satu pasangan seperti disampaikan Kanazawa dalam jurnal Social Psychology Quarterly.

 

 

Saksikan juga video menarik ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak berlaku bagi wanita

Keterkaitan antara kecerdasan intelektual dengan risiko selingkuh tak berlaku bagi wanita. Dalam studi ini tidak ditemukan hubungannya.

Menurut Kanazawa, wanita selalu diharapkan setia kepada pasangannya. Bahkan wanita yang ada di masyarakat poligami, teori ini tak berlaku seperti mengutip Daily Mail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini