Sukses

4 Kesalahan yang Bisa Bikin Kamu Menua dalam Semalam

Melakukan empat kebiasaan ini di malam hari, bisa bikin kamu menua hanya dalam waktu semalam.

Liputan6.com, Jakarta Bertambah tua memang bukan sesuatu yang bisa dihindari. Kebanyakan orang tentu berharap bisa menua dengan baik.

Cara-cara yang dipercaya bisa membuat Anda menua dengan baik adalah tidur malam yang cukup, menggunakan tabir surya, dan menggunakan krim malam.

Namun ternyata, cara Anda tidur atau ritual sebelum tidur, malah bisa membuat Anda jadi cepat menua dalam semalam.

Melansir Women's Health, Jumat (12/1/2017), Purvisha Patel, MD, dermatolog dan pendiri Visha Skincare, membocorkan kebiasaan malam apa saja yang bisa bikin cepat tua.

1. Tidur tengkurap

"Gravitasi akan menang ketika kita tidur tengkurap," ujar Patel. Efek langsungnya adalah wajah dan mata yang bengkak akibat cairan yang ditarik ke bawah oleh gravitasi.

Seiring waktu, kolagen akan terus berkurang dan wajah jadi kendor.

Patel menyarankan, tidur telentang adalah cara terbaik menjaga kekencangan wajah.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tidak mencuci muka

Jarang memang ada wanita yang lupa menghapus make-up sebelum tidur, dan memang langkah ini tidak boleh dilewatkan.

Mencuci muka sebelum tidur sangatlah penting untuk menyingkirkan kotoran, keringat, dan sisa make-up yang menempel di wajah seharian.

"Jika Anda berkeringat atau menggunakan make-up, pori-pori jadi tersumbat, yang bisa menyebabkan jerawat," jelas Patel. "Jika kulit kamu berminyak, muka akan jadi terlihat semakin lepek dan berminyak."

Patel menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang bisa mengeksfoliasi pori, agar kulit jadi segar dan bisa beregenerasi saat Anda tidur.

3 dari 4 halaman

3. Menggunakan terlalu banyak produk

Jika Anda menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit, tanpa tahu kegunaannya masing-masing, hal ini malah bisa merugikan kulit.

"Produk yang mengandung retinol berguna untuk mencegah kerut, dan ketika digabungkan dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah jerawat, hal ini malah akan bikin kulit kering dan meningkatkan iritasi," jelas Patel lagi.

Ketika kulit kering dan iritasi, kulit jadi merah dan mengalami inflamasi. Akibatnya garis-garis halus jadi makin jelas.

Jadi, pilih saja produk yang Anda tahu pasti kegunaannya, dan sesuai dengan jenis kulit.

4 dari 4 halaman

4. Tidak minum cukup air

Hidrasi itu penting untuk luar dan dalam. "Air adalah komponen penting bagi kulit, dan struktur di bawahnya," lanjut Patel. "Ketika kamu dehidrasi, kulit akan kehilangan kesegaran dan kekenyalannya."

Dari sudut pandang jangka pendek, dehidrasi membuat kulit jadi penuh kerut dan cekung di area mata. Seiring waktu, jika terus terjadi, dehidrasi akan membuat kulit kehilangan kekenyalannya.

Patel merekomendasikan untuk tidak lupa minum minimal enam gelas setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.