Sukses

Siasat Atasi Godaan Berhubungan Seks Bagi Pasangan LDR

LDR memang menjadi rumit ketika godaan untuk berhubungan seks melanda. Psikolog menyarankan beberapa siasat jika mengalami hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta LDR (long distance relationship atau hubungan jarak jauh) umumnya menimbulkan beberapa masalah, terutama dalam hal keintiman, termasuk berhubungan seks.

Dipisahkan oleh jarak, keintiman Anda bersama pasangan terkadang bisa menimbulkan kejenuhan dalam berhubungan. Akan tetapi, Anda tidak perlu cemas menghadapi masalah ini. 

Psikolog dari Rumah Sakit Hermina Daan Mogot, Jakarta Barat, Jovita Maria Ferliana, mengatakan, LDR tidak disarankan bagi pasangan menikah. Hal ini terkait dengan kebutuhan afeksi dan emosi dari pasangan tersebut.

"Apalagi bagi pasangan yang terpisah bertahun-tahun dan dalam jarak yang jauh," kata Jovita saat diwawancarai Health Liputan6.com, Kamis (11/1/2018).

Menurut Jovita, yang juga dosen fakultas psikologi UKRIDA Jakarta, pasangan LDR perlu menyiasati dorongan berhubungan seks ketika sedang berpisah. Psikolog ini punya siasat untuk menahan godaan berhubungan seks saat menjalani LDR, di antaranya:

1. Hindari rangsangan seks.

Cara ini mungkin terdengar aneh bagi pasangan LDR karena di satu sisi ketika sedang merasakan gairah seks, namun di sisi lain harus bisa menahannya.

Namun, cara ini dianggap efektif karena ketika mendapatkan rangsangan, seseorang akan cenderung mencari pelampiasan. Untuk itu, bagi Anda yang menjalani LDR hindari menonton film dewasa dan bacaan-bacaan yang mengandung unsur pornografi.

 

Simak juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sibukkan diri

2. Habiskan tenaga anda dengan berolahraga

Ketika tenaga anda terkuras, hasrat untuk berhubungan seks pun menurun. Oleh sebab itu, Anda dapat menyibukkan diri anda sesibuk dan seaktif mungkin dengan berolahraga berat.

3. Lakukan hobi atau kesenangan diri yang positif

Ketika sedang menjalani LDR, hasrat untuk berhubungan seks pasti akan terus muncul. Ini karena tidak terlampiaskannya dorongan tersebut. Jovita mengatakan sebenarnya keinginan berhubungan seks dapat diatasi dengan melakukan hobi atau hal yang disenangi. Tindakan ini akan mengalihkan perhatian pasangan LDR untuk tidak memikirkan hubungan seks terus menerus. 

3 dari 3 halaman

Dekatkan diri pada-Nya

4. Hindari Minuman Beralkohol

Beberapa pasangan LDR kerap menjadikan ini sebagai pelampiasan. Padahal, kandungan alkohol dapat menyebabkan seseorang lupa diri. Ketika seseorang sudah hilang kesadarannya, tidak menutup kemungkinan ia akan melakukan tindakan yang tidak diinginkan, termasuk 'jajan' dengan orang lain. Inilah yang harus dihindari oleh pasangan yang menjalani LDR

5. Mendekatkan diri pada Tuhan

Satu yang terpenting dalam menjalani LDR adalah mendekatkan diri pada sang pencipta. Anda yang menjalani LDR dapat rajin mendoakan pasangan anda yang jauh di sana. Hal ini dapat menghindarkan anda dari tindakan-tindakan yang tidak diinginkan.

Namun demikian, dari siasat di atas, Jovita mengakui dirinya tidak menjamin 100% hal-hal tersebut bisa ampuh menanggulangi godaan untuk berhubungan seks bagi pasangan LDR.

"Semua kembali lagi pada diri masing-masing, kok,"tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.