Sukses

Melahirkan Normal di RS Ini, Ibu Tidak Akan Rasakan Sakit

Liputan6.com, Jakarta Brawijaya Hospital Bojongsari, yang baru saja diresmikan pada Kamis, 11 Januari 2018 punya keunggulan dalam hal pelayanan ibu dan anak yang rasa-rasanya tidak dimiliki rumah sakit swasta lain.

Kepala Divisi Medik, Rini Berliana, menjelaskan bahwa pelayanan itu berupa persalinan tanpa rasa sakit. Ibu yang melahirkan normal dijamin tidak akan kesakitan lagi.

"Metode persalinan ini dinamakan ILA (Intrathecal Labour Analgesia). Saat persalinan, obat anastesi disuntikkan di tulang belakang," kata Rini.

Dalam proses persalinan, calon ibu akan merasakan kontraksi yang begitu menyakitkan. Terutama saat dilatasi (pelebaran) serviks 3 sampai 4 cm (sentimeter).

Intensitas nyeri semakin meningkat, seiring bertambahnya dilatasi serviks tersebut. Namun, pasien yang menggunakan metode ILA saat persalinan normal, rasa sakit akan berkurang drastis.

"ILA ini termasuk metode persalinan kekinian," ujar Rini.

 

1 dari 2 halaman

Bidan Brawijaya Hospital Akan Berkunjung ke Rumah Pasien

Pelayanan lain yang ditawarkan Brawijaya Hospital Bojongsari, yakni seorang bidan akan berkunjung ke rumah, khususnya setelah ibu melahirkan.

"Kami melayani pasien secara kekeluargaan, yakni memantau bagaimana kondisi ibu setelah melahirkan. Paket pelayanannya bidan akan datang ke rumah sebanyak tiga kali," kata Rini menjelaskan.

Bidan yang datang ke rumah untuk mendampingi ibu, bagaimana cara merawat, memandikan, menyusui, dan menjaga agar payudara ibu saat menyusui itu tetap bersih.

Artikel Selanjutnya
Salma-Sofia, Bayi Kembar Siam Dempet Perut Lahir di Surabaya
Artikel Selanjutnya
Derita Janda Telantar di Kendari, Hidup di Masjid Menahan Sakit