Sukses

KPK Tetapkan Dokter yang Rawat Setnov Tersangka, Sikap IDI?

Liputan6.com, Jakarta Pengacara Fredrich Yunadi, Sapriyanto Refa, membenarkan kliennya sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan lindungi Setya Novanto (Setnov). Selain Fredrich, dokter di Rumah Sakit Media Permata Hijau juga menjadi tersangka.

Sebelumnya, sumber penyidik KPK membenarkan bahwa Fredrich dan seorang dokter menjadi tersangka karena diduga menghalangi penyidik KPK menyidik korupsi e-KTP. (Baca: Dokter RS Permata Hijau Tersangka Dugaan Lindungi Setya Novanto)

Terkait penetapan dokter tersebut menjadi tersangka, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai organisasi profesi yang menaungi para dokter sudah melakukan koordinasi dengan KPK.

"Kami sudah berkoordinasi dengan KPK terkait hal ini. Tentang prosesnya nanti seperti apa, tindak lanjut seperti apa, termasuk apakah nanti dibutuhkan pendampingan hukum dari organisasi profesi," kata Sekretaris Jenderal IDI Adib Khumaidi dihubungi Rabu (10/1/2018).

Adib juga menyampaikan, IDI pun kini tengah melakukan proses penyidikan untuk mengetahui ada tidaknya pelanggaran etik kedokteran yang dilakukan oleh dokter tersebut. Penyidikan dilakukan oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran IDI.

"Di dalam konteks hukum pidana umum, itu proses yang dilakukan oleh KPK. Apabila nanti terindikasi ada pelanggaran etika, itu memang kewenangan kami di organisasi profesi untuk melakukan proses pembinaan dan sanksi bila memang diperlukan, bila terbukti ada pelanggaran terkait masalah etika," tambah Adib lagi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

IDI ingatkan dokter bekerja sesuai SOP

Hingga kini, memang belum diketahui ada tidaknya pelanggaran etik dokter yang menangani Setnov tersebut. Namun, IDI mengingatkan kembali kepada rekan sejawat untuk bekerja sesuai standar dan etika.

"Kalau kita (dokter) sudah bekerja sesuai standa, SOP, dan etika, tentunya tidak ada upaya-upaya yang dianggap menghalang-halangi proses hukum," kata dokter yang spesialis ortopedi ini.

Artikel Selanjutnya
KPK Periksa Istri Setya Novanto Terkait Kasus Fredrich Yunadi
Artikel Selanjutnya
Agung Laksono Diperiksa KPK untuk Saksi Meringankan Fredrich