Sukses

Doyan Sup Kaki Sapi? Ini Cara Mudah Pisahkan Kikil dari Tulangnya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kuliner nusantara yang sangat menggugah selera adalah kikil kaki sapi. Menu ini tak hanya dihidangkan di restoran-restoran besar, tapi juga eksis di berbagai warung pinggir jalan. Kudapan ini bisa diolah menjadi tunjang, rawon, sampai sup. Lebih asyik lagi kalau dibikin tumis kikil, kikil kuah bening dan banyak lagi.

Kalau tinggal makan sih memang enak. Tinggal santap dan makan pun tambah lahap. Tapi, tahukah Anda bagaimana proses kikil kaki sapi diolah dari awal sampai akhir? Kalau tidak tahu triknya, pasti Anda akan kelabakan. 

Masalah yang sering muncul adalah memisahkan atau memotong kikil kaki sapi dari tulang. Kalau belum paham caranya, Anda pasti geregetan memikirkan bagaimana daging tersebut bisa empuk saat dipotong. Lewat sebuah video, pemilik akun Harry Kodjek membocorkan rahasia sederhana memisahkan kikil kaki sapi dari tulang.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Warganet gagal fokus bedakan sapi atau babi?

Dalam sebuah tayangan yang ia unggah di sebuah situs video berbagi, pria ini tengah asyik memotong kikil kaki sapi. Video berdurasi 4 menit 23 detik itu disiarkan pertama kali pada 11 Juli 2017. Sampai berita ini diturunkan, video Harry Kodjek mampu menyedot perhatian lebih dari setengah juta viewers.    

Sayangnya, video tersebut dibiarkan rolling begitu saja. Alangkah lebih bagusnya ada tutorial dari pria yang memotong kikil kulit sapi tersebut. Akibatnya, banyak penonton video ini yang penasaran. Sekitar 220 orang turut mengomentari tayangan bermanfaat ini.

Ada yang bilang, 'kaki sapi kok pendek?'. Ada juga yang nyeplos kalau itu daging babi, bukan sapi. Sampai ada yang penasaran bagaimana bisa memotong kikil kaki sapi semudah itu?

Lewat balasannya di kolom komentar, sang pembuat video berkali-kali menegaskan bahwa yang dipotong itu betul-betul kaki sapi. Ia lalu menjelaskan bagian yang diambil memang hanya dari lutut sampai telapak kaki sapi.

Tentang cara memotong, Harry Kodjek menjelaskan bahwa sebelum dipotong, bagian kaki sapi tersebut memang harus direbus dan dikerok bulunya. Ada juga yang bertanya mengapa saat membuat kaki kambing, dagingnya terasa alot?

"Mungkin waktu ngerebus apinya kegedean itu teh klo makin alot. Klo terlajur sdh di rebus dipresto lg aja teh biar empuk," jelasnya.

Pria ini juga memberikan tips agar kedua kaki sapi yang mau dipotong sebaiknya direbus selama kurang lebih 3 menit. Suhunya pun kalau bisa kurang dari 60 derajat. Kalau direbus terlalu lama, ia mengatakan akan sulit mengerok bulu sapinya. 

 

Artikel Selanjutnya
Lagi Hits, Ini 5 Bakso Penyet dengan Sensasi Pedas yang Nampol
Artikel Selanjutnya
Tiga Sop Ayam Murah dan Enak, Mana yang Terbaik?