Sukses

Mula-Mula Gatal, Mata Bocah 6 Tahun Jadi Seukuran Bola Tenis

Bocah 6 tahun awalnya mengeluhkan gatal pada mata, makin lama matanya berdarah dan membesar seukuran bola tenis.

Liputan6.com, India Dhanika, bocah perempuan berusia 6 tahun asal Tripura, India mengeluhkan gatal pada mata. Dikarenakan tidak juga sembuh, keluarga membawanya ke dokter. Tak disangka, Dhanika didiagnosis menderita leukemia limfositik, bentuk kanker darah dan sumsum tulang yang langka.

Kondisi menyakitkan membuat matanya berdarah dan membesar seukuran bola tenis. Penyakit tersebut sangat mengejutkan keluarga Dhanika. Padahal, Dhanika terlahir sebagai anak yang sehat.

"Dia (Dhanika) sering mengeluh gatal di mata, kemudian dia menggosoknya. Matanya mulai membengkak, makin tumbuh besar. Kami membawanya ke beberapa dokter di desa. Tapi tidak ada dokter yang bisa membantu," kata ayah Dhanika, Dhanya Kumar Tripura, dikutip dari India Today, Senin (8/1/2018).

Dhanika mulai mengalami kondisi tersebut sekitar 45 hari yang lalu. Dalam waktu singkat kondisinya makin mengkhawatirkan.

"Melihat dia, membuat saya pusing. Saya bahkan tidak bisa melihat ke matanya dan berbicara dengannya lagi. Mata dia terlihat sangat mengerikan. Rasa sakit dan kondisinya ini begitu menghancurkan hati saya," tambah Dhanya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertahan hidup sangat rendah

Bentuk kanker darah dan sumsum tulang yang diderita Dhanika juga sulit disembuhkan. Bahkan dokter mendiagnosis kemungkinan bertahan hidup sangat rendah.

Sebuah kelompok amal bernama United Tiprasa Forum (UTP) berupaya membantu pengobatan Dhanika.

"Kami mengetahui kondisi bocah perempuan ini melalui media sosial dan sangat ingin membantunya. Kami pergi menemuinya dan terkejut dengan kondisinya. Keluarganya bahkan tidak memiliki informasi yang jelas, ke mana harus pergi dan siapa yang harus didekati," uccap Sajal Debbarma dari UTP.

UTP sekarang membawa Dhanika ke Agartala, ibu kota negara bagian Tripura India.

"Kami membawanya ke Agartala agar dia mendapatkan perawatannya. Tapi kami punya dana terbatas. Kami berharap orang-orang bisa membantu pengobatan gadis kecil ini," tambah Debbarma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.