Sukses

Ibu Hamil Baiknya Konsumsi Ini agar Anak Cerdas

Studi mengungkap ibu hamil yang mengonsumsi makanan kaya kolin bakal melahirkan anak cerdas. Sebenarnya apa itu kolin?

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru mengungkap manfaat ibu hamil makan telur di trisemester pertama. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi telur bakal melahirkan anak cerdas. Mengapa bisa begitu?

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya kolin, yakni suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Dalam satu butir telur berukuran besar, terdapat 126 mg kolin.

Selain telur, daging sapi dan selai kacang juga mengandung kolin. Namun jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding kandungan kolin dalam telur.

Keterkaitan antara peningkatan kadar kolin dengan tingkat IQ yang lebih tinggi sudah terbukti dalam studi sebelumnya pada tikus.

Nah, studi terbaru kepada manusia menunjukkan hal yang sama, bahwa ibu hamil yang mengonsumsi makanan tinggi kolin juga memiliki manfaat meningkatkan potensi IQ anak tinggi. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semakin tinggi asupan kolin, tingkat kecerdasan anak meningkat

Peneliti dari Cornell University membagi 26 ibu hamil dalam dua kelompok. Kelompok A mengonsumsi 480 mg kolin. Sementara kelompok B mengonsumsi 930 mg kolin.

Saat bayi lahir, peneliti menguji memori pada usia empat, tujuh, 10, dan 13 bulan. Untuk mengetahui respons motorik bayi, ilmuwan mencatat berapa lama bayi melihat gambar di tepi layar komputer.

Hasilnya, semakin ibu hamil mengonsumsi makanan tinggi kolin, IQ bayi pun tinggi, seperti mengutip laman Metro, Senin (8/1/2018).

Mengingat manfaat kolin yang besar pada kecerdasan anak, para peneliti menyarankan ibu hamil tak melupakan mengonsumsi makanan yang kaya zat itu. Jika bosan makan telur, ada sumber nabati lainnya yang bisa disantap seperti kacang-kacangan, brokoli dan kacang polong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini