Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ingin Lebih Perkasa, Pria Sebaiknya Rutin Lakukan Senam Kegel

Tak cuma wanita, pria juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dan seksual dengan rutin lakukan senam kegel.

Liputan6.com, Jakarta Kegel adalah latihan untuk melatih otot dasar panggul. Kaum pria mungkin tak terlalu memikirkan otot dasar panggul. Tapi, pria sebenarnya perlu teratur melatih otot dasar panggul agar tetap kuat.

Jika kaum pria tiba-tiba mengalami disfungsi ereksi atau sering buang air kecil, mungkin sudah saatnya mengunjungi dokter untuk melihat apakah otot dasar panggul masih dalam keadaan baik.

Otot dasar panggul pada dasarnya adalah jaringan otot rumit yang mengelilingi dasar penis, menciptakan fondasi untuk usus, kandung kemih, dan kesehatan seksual Anda. Otot panggul cenderung melemah seiring bertambahnya usia, faktor lain--seperti pembedahan atau cedera baru-baru ini--juga dapat mempengaruhi mereka.

Gejala yang mungkin muncul termasuk disfungsi ereksi, buang air besar atau kecil tanpa disengaja (disebut juga inkontinensia kandung kemih atau usus), atau rasa sakit saat berhubungan seks atau setelah ejakulasi.

Dr. Sandra Hilton, PT, DPT, seorang dokter terapi fisik di Entropy Fysiotherapy and Wellness di Chicago, Illinois, mengatakan, otot dasar panggul yang lemah bisa mendapatkan kembali kekuatan, koordinasi, fleksibilitas, dan staminanya, mengutip Men's Health, Jumat (5/1/2017).

Ia mengatakan hal pertama yang harus pria lakukan yakni latihan kegel, yang mengencangkan otot-otot dasar pelvis. Kegel mungkin paling sering dikaitkan dengan wanita (terutama mereka yang baru melahirkan), padahal juga dapat sangat bermanfaat bagi pria agar memperbaiki kontrol kandung kemih dan usus dan kinerja seksual.

Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan kegel dapat membantu pria dengan disfungsi ereksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdiri di depan cermin

Untuk mengisolasi otot dasar pelvis, Hilton menyarankan berdiri telanjang di depan cermin. Tanpa menggunakan tangan, cobalah mengangkat testis dengan melibatkan otot-otot dasar panggul.

Meskipun Kegel cukup mudah dilakukan, banyak pria yang tidak benar melakukannya. "Kesalahan tentang Kegel biasanya berasal dari bentuk tubuh yang buruk-Anda mungkin menggunakan banyak otot perut, menahan napas, dan meremas gluteal atau adductors (paha bagian dalam) dan bukan otot panggul," katanya seperti dilansir Men's Health.

Saat melakukan Kegels, kata Hilton, usahakan jangan menahan nafas atau mengontrak otot tambahan. Tahan kontraksi hingga hitungan lima. Kemudian rileks otot-ototnya selama lima detik juga. Lengkapi 10-20 pengulangan tiga sampai empat kali sehari (atau seperti yang diperintahkan oleh penyedia layanan kesehatan Anda).

Kegels adalah cara efektif untuk memperkuat otot dasar panggul, tapi Anda juga perlu menjaga kebugaran fungsional. "Melakukan jongkok, melompat, berlari, dan mengalami orgasme adalah cara yang mungkin untuk mendapatkan kebugaran ke otot panggul," kata Hilton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.