Sukses

100 Album Sepanjang Karier, Bukti Yon Koeswoyo Musikus Produktif

Dalam sebuah pertemuan Yon Koeswoyo mengungkap kepada Rian D'Masiv bahwa hanya Koes Plus, band di dunia yang mampu hasilkan 100 album.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang hidupnya, Yon Koewoyo mampu menghasilkan 100 keping album, baik saat zaman Koes Bersaudara sampai era Koes Plus. Fakta tersebut dibongkar oleh vokalis band D'Masiv, Rian Ekky Pradipta. Memang, Rian belum pernah mengerjakan proyek bersama almarhum.

Kenangan indah dan obrolan penuh makna bersama Yon Koeswoyo ia ungkap dalam postingannya di akun Instagram pribadinya.

"Masih terngiang dalam ingatan .. ketika itu saya bertanya .. “ om koesplus total sudah berapa album ? om yon menjawab.. sudah 100 album .. beliau bilang tidak ada band atau musikus yang punya album sebanyak Koesplus.. om yon bilang ke saya.. kalo kamu mau kayak koesplus.. jangan berhenti berkarya..! “ terimakasih om yon atas karya2 mu untuk indonesia .. terimakasih sudah membuat hidup saya berwarna dengan lagu2 mu dari saya kecil hingga sekarang.. selamat jalan OM YON KOESWOYO," tulis pentolan band D'Masiv itu disertai dengan hestek #RIPlegend#yonkoeswoyo #koesbersaudara #koesplus.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koes Plus lebih produktif dari The Beatles

Benarkah Koes Plus merupakan satu-satunya band di Indonesia, bahkan di dunia, yang mampu menghasilkan 100 keping album sepanjang karier musik mereka? Biar enggak penasaran, kami pun mengonfirmasi langsung pernyataan almarhum kepada Rian.

"Benar, itu yang diucapkan Om Yon Koeswoyo kepada saya. Beliau mengatakan sesuatu hal yang membuat saya merinding, 'Tidak ada band seperti Koes Plus dengan 100 album (kaset)'. Artinya apa? Koes Bersaudara dan Koes Plus adalah band paling produktif di dunia. Band luar negeri seperti The Beatles dan The Rolling Stones saja belum mampu menandingi totalitas dan kreativitas Koes Plus dalam berkarya," urai Rian kepada Health-Liputan6.com, saat dihubungi lewat telepon pada Jumat (5/1/2018).

Meski belum pernah mengerjakan proyek bersama, Rian mengaku sering berjumpa dengan Yon Koeswoyo di berbagai kesempatan. Rian melanjutkan, ia pernah merasakan energi luar biasa yang terpancar saat manggung bersama Yon Koeswoyo. Pada tahun 2013, Rian mendapat kesempatan emas saat bertandang ke rumah Yon Koeswoyo di bilangan Pamulang, Tangerang Selatan. 

"Beliau termasuk salah satu musikus besar yang menginspirasi saya. Bahkan, saya punya sekitar 20 piringan hitam album Koes Bersaudara dan Koes Plus. Saat main ke rumahnya, saya bawa beberapa piringan hitam tersebut agar ditandatangani langsung oleh Beliau. Seru banget ngobrol bersama Om Yon. Dia penulis lagu hebat yang energinya luar biasa. Meski sudah tua, semangatnya tetap seperti anak muda. Ia membuat lirik dengan indah, penuh kiasan, tapi mudah mengerti dan dihapal," ujar songwriter muda yang cukup jenius ini.

 

 

3 dari 3 halaman

Ada Yon Koeswoyo pada cara Rian bernyanyi

Selain foto bareng dan ngobrol seru, tak lupa Rian ikut mengabadikan momen itu untuk merekam sebuah lagu yang dinyanyikan Yon Koeswoyo di handphone-nya. 

"Waktu itu sempat saya posting di Instagram. Cuma, waktu itu durasi video Instagram masih 15 detik. Lagu yang ia nyanyikan di hape saya adalah lagu 'Imagine' nya The Beatles," terang Rian sambil menerawang.

Rian pun memperdengarkan sebuah lagu D'Masiv yang ia rekam di Dublin, Irlandia, kepada Yon Koeswoyo. Komentarnya bikin kaget Rian.

"Waktu itu D'Masiv habis konser di Irlandia sekaligus membuat videoklip. Salah satu lagu yang saya dengarkan ke Om Yon adalah 'Salah Paham'. Eh, beliau bilang begini, 'Cara nyanyimu ada aku nya lho'. Saya kaget sekaligus merinding dipuji seperti itu. Beliau mungkin tahu kalau saya ngefans, dan kebetulan ada cara bernyanyi saya yang mirip dengan beliau," imbuh Rian.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.