Sukses

Lakukan Ini pada Kaki Bisa Bikin Tidur Nyenyak di Musim Dingin

Ada triknya agar bisa tidur nyenyak selama musim dingin yakni merendam kaki dengan air hangat.

Liputan6.com, Jakarta Tidur di malam musim dingin itu enaknya pakai selimut agar terasa hangat. Tapi, banyak juga orang yang sulit tidur nyenyak di musim dingin.

Biasanya orang terjaga di malam musim dingin karena mengalami gangguan kesehatan yang berhubungan dengan musim dingin seperti batuk maupun masalah pernapasan lainnya.

Ada triknya agar bisa tidur nyenyak selama musim dingin yakni merendam kaki dengan air hangat. Kebiasaan baik ini yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Ilmu pengetahuan mengatakan suhu inti yang lebih rendah dengan suhu distal (tangan dan kaki) yang lebih tinggi sebelum tidur dapat mempersingkat waktu sebelum Anda tidur sehingga mengurangi terjaga dari tidur nyenyak. Ini juga bisa meningkatkan kualitas tidur, membantu Anda bangun segar dan berenergi keesokan paginya.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Nursing Studies meneliti merendam kaki dengan air hangat antara 40 ° C selama 20 menit. Orang dewasa yang lebih tua yang diteliti suhu inti, perut dan kaki mereka dan dicatat selama tiga malam berturut-turut. Ternyata, mereka mengalami sleep apnea dan masih beradaptasi pada malam pertama.

Di malam kedua, beberapa di antaranya kakinya direndam air hangat dan tidak ada mandi kaki pada yang ketiga. Sementara beberapa tidak diberi mandi kaki pada malam kedua dan mandi kaki di bagian ketiga.

Studi tersebut diakhiri dengan mengatakan bahwa merendam kaki dalam baskom berisi air dengan suhu 40 ° C selama 20 menit sebelum tidur membantu meningkatkan suhu kaki Anda. Ini memfasilitasi pelebaran pembuluh darah, menaikkan suhu inti untuk meningkatkan panas tubuh. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah merendam kaki

Bagaimana cara mempersiapkan merendam kaki?

Langkah 1: Bawa air mendidih. Biarkan dingin untuk sementara waktu.

Langkah 2: Sebelum merendam kaki Anda, pastikan Anda memiliki handuk kering di dekatnya. Anda tentu tidak ingin berjalan di mana-mana dengan kaki basah mencari handuk.

Langkah 3: Periksa apakah airnya mendekati 40 ° C dengan termometer.

Langkah 4: Tambahkan garam epsom atau beberapa tetes minyak lavender ke dalam air. Berikut adalah beberapa kegunaan lain dari garam epsom.

Langkah 5: Rendam kaki Anda selama 20 menit.

Langkah 6: Keringkan kaki dengan handuk dan buang air.

Langkah 7: pergi ke tempat tidur!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.