Sukses

Hobi Menyanyi seperti Yon Koeswoyo, Ini 5 Manfaat Sehatnya

Liputan6.com, Jakarta Kecintaan Yon Koeswoyo, vokalis Koes Plus, untuk menyanyi tetap menyala, meski tak lagi muda. Walaupun bolak-balik masuk rumah sakit dalam dua tahun terakhir, Yon Koeswoyo tetap semangat menyanyi.

Semangat Yon Koeswoyo saat tampil di panggung juga membuat publik terkagum-kagum. Publik Tanah Air sangat kehilangan sosoknya. Yon Koeswoyo meninggal dunia pada Jumat, 5 Januari 2018.

Lantas apa yang membuat dirinya tetap bergairah bernyanyi? Menyanyi bagi Yon Koeswoyo adalah obat mujarab. Menyanyi membuat dirinya sehat.

Kepada MetroTvnews.com, yang diunggah kembali oleh akun Instagram @makmu_sby, Yon Koeswoyo menuliskan cerita mengenai dirinya.

"Sebenarnya menyanyi itu seperti obat bagi saya. Saya menjadi segar kalau menyanyi. Jiwa raga saya menjadi sehat. Dari tahun 1960 saya sudah menyanyi. Kalau tidak menyanyi malah lemas saya. Yon Koeswoyo."

 

 

Simak video menarik lainnya berikut ini:

1 dari 4 halaman

Manfaat menyanyi untuk tubuh

Manfaat menyanyi yang dirasakan Yon Koeswoyo memang terbukti bisa bikin sehat. Studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Music Therapy menunjukkan, menyanyi dapat membantu orang-orang yang menderita sakit parah untuk mengatasi rasa sakit.

Hal ini dirasakan Yon Koeswoyo yang punya riwayat penyakit infeksi paru-paru, jantung, dan diabetes. Menyanyi secara fisik membuat seseorang merasa lebih baik.

Selain itu, ada beberapa manfaat menyanyi lainnya, dilansir dari Elite Daily, Jumat (5/1/2018).

Tingkatkan mood

Menyanyi serupa dengan olahraga, yang melepaskan hormon endorfin (hormon kebahagiaan). Hormon ini membantu meningkatkan mood dan melepaskan oksitosin, hormon yang mengurangi kecemasan. Anda jadi bisa merasa lebih bahagia.

2 dari 4 halaman

Efek menenangkan

Ketika menyanyi, Anda akan menarik napas dalam-dalam. Menarik napas dalam-dalam membawa lebih banyak oksigen ke darah. Ini akan memberikan efek menenangkan, sehingga terhindar dari stres.

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Studi tahun 2004 dalamThe Journal of Behavioral Medicine menemukan, menyanyi menghasilkan efek positif terhadap kekebalan tubuh. Menyanyi dapat meningkatkan sisten kekebalan tubuh dan menurunkan kortisol (hormon stres).

3 dari 4 halaman

Bikin otak jadi cerdas

Saat bernyanyi, bagian otak bernama lobus temporal kanan diaktifkan. Ini membuat otak menjadi cerdas.

Jaga jantung tetap sehat

Menyanyi dapat meningkatkan variabilitas denyut nadi, yang berhubungan dengan detak jantung. Hal ini akan menjaga jantung tetap sehat.

Artikel Selanjutnya
Lintas Generasi Pelestari Musik Koes Plus di Tanah Dewata
Artikel Selanjutnya
Cerita Yon Koeswoyo Buat Lagu Nusantara Terinspirasi Bung Karno