Sukses

Meski Rentan Bakteri, Minum Air Mentah Populer di Amerika Serikat

Liputan6.com, Amerika Serikat Sebuah artikel dari New York Times, yang diterbitkan minggu lalu memaparkan, semakin banyak orang di Amerika Serikat beralih minum air tanpa disaring (air mentah). Tiap individu yang punya air tanah atau mata air pun bisa mendapatkan pasokan air mentah sendiri.

Tren ini mulai populer karena air mentah tidak disalurkan melalui pipa federal atau kota dan tidak mengandung zat aditif, seperti fluorida--mineral alami yang biasanya ditambahkan ke air ledeng melawan kerusakan gigi. Pada umumnya, air mentah tidak dilakukan penyaringan.

Di sisi lain, air mentah bisa mengakibatkan diare. Bahkan mata air yang tampak paling jernih di Amerika Serikat dapat menyimpan kontaminan berbahaya, menurut Chief of Waterborne Disease Prevention Branch at the Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Atlanta, Vince Hill.

Anda pun harus tahu, dari mana asal air mentah yang diminum dan apakah ada bakteri yang terkandung di dalamnya. Untuk menghindari bakteri berbahaya itulah, air mentah harus disaring sebelum disalurkan ke masyarakat untuk diminum, dilansir dari Live Science, Kamis (4/1/2018).

 

Simak video menarik berikut ini :

1 dari 2 halaman

Tetap harus disaring

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), air minum yang terkontaminasi termasuk salah satu risiko kesehatan paling berbahaya yang dapat dicegah. Air yang terkontaminasi dapat menularkan penyakit, seperti diare, kolera, disentri, tipus, dan polio.

Dari data WHO, air minum yang terkontaminasi diperkirakan menyebabkan 502.000 kematian akibat diare di seluruh dunia setiap tahunnya.

Menyoal air mentah, CDC mengatakan, air mentah (yang disalurkan melalui pipa) di Amerika Serikat termasuk paling aman di dunia. Hal ini sudah melalui proses pemurnian, dari penyaringan, sedimentasi (proses pemisahan partikel-partikel berat), dan desinfeksi. Kota-kota dan negara bagian memiliki protokol khusus sendiri untuk menyaring air mentah untuk diminum.

Meskipun begitu, Hill tetap merekomendasikan air mentah untuk disaring atau direbus sebelum diminum. Hal ini karena adanya bahan kimia berupa arsen dan radon, yang ada pada tanah bisa mudah meresap ke air tanah tanpa banyak indikasi.

Bahan kimia ini menjadi penyebab paling umum munculnya penyakit, yang ditularkan melalui air di Amerika Serikat dan mudah menyebar dari kotoran hewan ke sumber air alami. Setelah tertelan manusia, parasit ini menyebabkan penyakit diare yang mengerikan.

Artikel Selanjutnya
Ini yang Terjadi pada Tubuh Sewaktu Makan Burger
Artikel Selanjutnya
5 Obat Herbal Atasi Infeksi Saluran Kencing yang Mudah Didapat