Sukses

Berat Badan Cepat Turun dengan Diet Jus Buah, tapi Amankah?

Perhatikan ini dulu sebelum ANda memulai melakukan diet minum jus buah

Liputan6.com, Jakarta Diet detoks atau diet minum jus buah maupun cairan tertentu umum dilakukan oleh mereka yang ingin cepat menurunkan berat badan, seperti akan menikah dalam waktu dekat.

Selain menjanjikan untuk menurunkan berat badan secara cepat, diet minum jus buah juga dianggap dapat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh.

Lantas, amankan melakukan diet ini?

Diet detoks benar dapat menurunkan berat badan, tapi tidak aman dan tidak baik untuk kesehatan karena pelaku akan kehilangan berbagai nutrisi penting untuk tubuh.

Selain itu, efek lainnya adalah Anda menjadi lebih lesu, tidak berenergi, susah fokus, dan sulit beraktivitas. Karena tidak mungkin dalam jangka panjang Anda hanya minum jus buah dan sayuran saja. Asupan kalori yang rendah akan membuat Anda menjadi lemah, lesu, dan tidak berenergi saat beraktivitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Metode Diet Minum Jus Buah

Metode diet detoks dilakukan dengan meminum jus yang mengandung kalori sangat kecil, sehingga metabolisme tubuh Anda akan menjadi melambat, dan dapat menurunkan berat badan secara cepat.

Namun, saat Anda kembali pada pola makan semula dan mengonsumsi makanan padat, berat badan Anda pun akan ikut melonjak karena rasa lapar dan kalap terhadap makanan. Bahkan, jika tidak terkontrol, berat badan Anda bisa meningkat dari yang sebelumnya.

Buah dan sayuran memang baik untuk dikonsumsi karena kaya vitamin dan mineral. Akan tetapi jika Anda hanya minum jus buah dan sayuran sepanjang hari tanpa konsumsi makanan lainnya, Anda akan kehilangan nutrisi penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein dan lemak.

 

3 dari 4 halaman

Bahaya Lain dari Diet Minum Jus Buah

Jika asupan protein pun dibatasi, Anda akan kehilangan massa otot di dalam tubuh. Sehingga, ketika berat badan Anda kembali di angka normal, maka sebagian besar bagian tubuh akan terdiri dari lemak.

Selain itu, anggapan yang salah tentang diet ini adalah diet detoks dengan jus buah dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh. Padahal, tubuh Anda memiliki sistem sendiri untuk pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam hal ini, hati dan ginjal memegang peranan untuk mengeluarkan sisa pembuangan dan racun dari dalam tubuh. Jadi, tubuh Anda tidak memerlukan bantuan dari luar untuk mengeluarkan sisa pembuangan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Minum Jus Buah Tidak Baik untuk Kesehatan

Nyatanya, diet detoks dengan minum jus buah saja tidak baik untuk kesehatan. Pemenuhan 2000 kalori setiap harinya juga harus tercukupi, disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan Anda. Lakukan kombinasi diet sehat dengan gizi seimbang tersebut serta olahraga agar Anda dapat menjalani diet tanpa merasa lemas.

Jadi ingat ya, jangan sembarangan melakukan diet detoks. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini