Sukses

Minuman Soda dan Jus Buah Perburuk Daya Ingat?

Minuman bergula seperti soda dan jus buah tersebut ternyata bisa menyebabkan daya ingat yang lebih buruk.

Liputan6.com, Jakarta Minuman manis seperti soda dan jus buah memang menggoda untuk teguk. Tapi, kalau tahu efeknya, mungkin Anda berpikir dua kali.

Minuman bergula tersebut ternyata bisa menyebabkan daya ingat yang lebih buruk.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Alzheimer & Demensia dan jurnal Stroke, orang yang mengonsumsi minuman manis seperti soda dan jus buah lebih cenderung memiliki ingatan yang lebih buruk.

Begitu juga dengan orang-orang yang minum soda diet setiap hari, hampir tiga kali lebih mungkin terkena stroke dan demensia bila dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi diet soda.

Ini termasuk risiko stroke iskemik yang lebih tinggi, yakni pembuluh darah di otak menjadi terhambat dan demensia penyakit Alzheimer, bentuk demensia yang paling umum, melansir laman Indiatimes, Rabu (3/1/2018). 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Studi terhadap 4000 orang

"Temuan kami menunjukkan adanya hubungan antara asupan minuman manis yang lebih tinggi dan atrofi otak, termasuk volume otak yang lebih rendah dan memori yang lebih buruk," jelas penulis Matthew Pase seperti dilansir Indiatime.

Temuan ini dipublikasikan setelah melakukan penelitian terhadap sekitar 4.000 peserta berusia di atas 30 tahun.

Meskipun penelitian ini telah memperingatkan orang-orang agar tidak mengonsumsi minuman manis secara teratur, peneliti masih perlu lebih banyak eksperimen untuk membangun hubungan antara minuman ini dan ingatan yang lebih buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.