Sukses

Usai Perayaan Malam Tahun Baru, 354 Ton Sampah Berserakan di Bali

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung, Bali, mencatat telah mengumpulkan 354 ton sampah berserakan saat perayaan malam tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung, Bali, mencatat telah mengumpulkan 354 ton sampah yang sempat berserakan saat perayaan malam tahun baru di pesisir Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak dan Pantai Petitenget.

"Lonjakan sampah ini terjadi karena sisa dari perayaan malam tahun baru dengan total sampah yang telah dikumpulkan petugas kami mencapai 354 ton," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, Putu Eka Merthawan, saat dihubungi di Mangupura, Senin.

Dari total sampah yang berhasil dikumpulkan petugas dari sejumlah pantai setempat, kata dia, paling banyak didapat dari Pantai Kuta yang secara keseluruhan telah dibersihkan. Dalam upaya pembersihan ini, DLHK Badung mengerahkan 900 petugas kebersihan yang dibantu dengan menggunakan dua loader dan 30 truk pengangkut sampah

Ia menerangkan, sampah yang dihasilkan pada awal tahun baru 2018 terdiri dari sampah reguler/rutin mencapai 250 ton, 45 ton sampah malam tahun baru, 50 ton sampah kiriman di 11 zona sebagai Kabupaten Badung.

"Dilihat sacara keseluruhan ada peningkatan, tapi kalau dilihat per item masih normal," katanya. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Staf LHK Siaga Penuh

Eka Merthawan mengharapkan, peningkatan jumlah wisatawan yang mengunjungi Pantai Kuta tidak disertai dengan penambahan produksi sampah.

Mantan Kabag Humas Badung ini menyatakan, semua staf LHK bersiaga penuh agar kenyamanan wisatawan yang berlibur di sepanjang pantai terjamin saat perayaan malam tahun baru.

Lima hari menjelang tahun baru, kata Eka Merthawan, kondisi sampah di Pantai Kuta berkurang secara signifikan, tapi tidak sebanyak volume sampah yang ada di Pantai Kedongan dan Jimbaran.

"Saat ini, kedua pantai tersebut statusnya darurat dan perhatian sepenuhnya kita akan arahkan nanti ke kedua pantai ini mengingat kondisi pantai yang dipenuhi sampah plastik, sehingga mengganggu kenyamanan wisatawan yang menikmati kuliner di sepanjang pantai tersebut

Kondisi ini diprediksi akan terus bertambah mengingat sampah di laut masih ada," katanya.

(I Made Surya Wirantara Putra/AntaraNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • sampah