Sukses

Aksi Gercep Penjaga Toko Bantu Ibu Hamil yang Melahirkan Dadakan

Wanita hamil tiba-tiba melahirkan darurat di sebuah toko, pemilik toko dan penjual daging ikut membantu menyelamatkan si bayi.

Liputan6.com, California, Amerika Serikat Seorang wanita hamil masuk ke toko dan pasar daging di Fresno, California. Ia adalah konsumen setia di sana. Ketika ia berjalan ke rak minuman bersoda, mendadak wanita tersebut menjerit dengan kencang. Jeritan menggelegar itu terdengar oleh sang pemilik toko.

"Kudengar dia berteriak, 'Ya Tuhan, kurasa aku melahirkan bayi ini sekarang!" kata pemilik toko, Issamar Sepulveda.

"Kejadian itu terjadi hanya dalam beberapa detik saja," sambungnya.

Seorang kasir toko pun bergegas menekan panggilan darurat 911, namun panggilan tersebut masih tertunda (belum diangkat). Situasi tambah panik karena juru masak dan penjual daging yang ikut menelepon 911, juga belum mendapat respons.

Tak disangka, wanita hamil yang berada di lantai pasar El Parian itu melahirkan bayi mungilnya sekitar jam 7 malam. Peristiwa ini terjadi pada Selasa, 26 Desember 2017.

"Kami semua seperti berpikir, 'Apa yang terjadi?'" ungkap Sepulveda, dikutip dari Washington Post, Senin (1/1/2018).

Lalu Sepulveda bersama penjual daging turun ke lantai, tempat wanita hamil itu sudah melahirkan.

Penjual daging, Alberto Casias segera melepas celemek yang dipakainya untuk menggendong bayi tersebut. Sepulveda menunduk dan melihat sesuatu yang membuatnya takut. Tali pusar terlilit di leher bayi. Ia spontan berteriak agar seseorang segera membawakan gunting.

"Aku berpikir, 'Bagaimana jika bayinya meninggal di sini karena aku tidak melakukan ini (memotong tali pusar) dengan benar?" ujarnya.

Sepulveda memotong tali pusat dari leher bayi. Casias menyelimuti bayi yang baru lahir di celemek. Mereka membersihkan tubuh bayi dengan serbet.

"Ini adalah kerja tim," kata Sepulveda.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bayi didera kedinginan

Tak berapa lama, tubuh bayi mulai terlihat ungu. Sepulveda kembali menelepon 911 dan operator memberitahu bahwa bayi itu dalam kondisi kedinginan. Sebagai pertolongan awal, Casias mengambil sweater untuk menyelimuti bayi itu.

Sepulveda juga berinisiatif menghangatkan tubuh sang bayi dengan memberi selimut tambahan milik anaknya. Tiga ambulans pun tiba dan dengan gerak cepat, paramedis membawa bayi itu ke rumah sakit.

Sepulveda mengungkapkan, dirinya dan sang suami, Juan Damian mengenal wanita tersebut sebagai pelanggan setia yang datang untuk membeli makanan. Ia juga seringkali membeli barang kebutuhannya dengan kupon makanan.

Damian kadang-kadang membiarkan wanita itu tidak membayar makanan yang ia beli jika wanita tersebut tidak punya cukup uang untuk membeli apa yang diinginkannya.

"Dia (Damian) akan berkata, 'Tidak apa-apa, Anda bisa membawanya saja," tambah Sepulveda. Momen haru bayi mungil lahir di toko diunggah oleh Sepulveda di Facebook miliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.