Sukses

Resolusi 2018: Makin Sehat dengan 6 Rempah Berkhasiat

Untuk ide resolusi 2018, cobalah menambahkan enam rempah ini ke makanan Anda untuk dapatkan kesehatan yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang ingin lebih sehat di tahun baru 2018, ada satu cara untuk melakukannya dengan lebih mudah: tambahkan lebih banyak rempah dalam makanan.

Sering dianggap tidak penting, sebenarnya ada sangat banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam rempah-rempah bumbu masakan Anda. Tak heran jika bangsa Eropa dulu sampai rela menjelajahi dunia demi mendapatkannya.

Untuk membantu Anda jadi lebih sehat di tahun baru 2018 nanti, kami sudah memilihkan 6 rempah terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu resolusi 2018. Berikut daftarnya:

1. Kunyit

Kunyit tak hanya memberikan warna kuning pada gulai atau kari. Rempah ini juga mengandung antioksidan yang kuat dan sudah digunakan sebagai pengobatan selama berabad-abad oleh bangsa India dan Tiongkok.

Mengutip Reader's Digest, studi sebelumnya menemukan, kunyit bisa membantu mencegah Alzheimer. Di beberapa desa di India, yang banyak menggunakan kunyit, ada angka Alzheimer yang sangat rendah.

Kunyit juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, mendongkrak pencernaan, dan mengurangi risiko serangan jantung.

 

 

 

 Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Jahe

Studi menemukan, jahe sangat manjur dalam mencegah mabuk kendaraan, terutama rasa mual. Sebagai tambahan, rempah ini juga bisa mengatasi rasa mual dan muntah-muntah akibat kehamilan.

Agar bisa mendapatkan efek menenangkan dari jahe, cukup tambahkan dua sendok teh parutan jahe ke dalam secangkir air hangat.

Jahe juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut gingerol, yang bisa membantu mengurangi nyeri. Jahe juga membantu memperbaiki fungsi tubuh orang-orang dengan artitis.

3 dari 6 halaman

3. Cabe merah

Menurut sebuah studi, cabe merah semakin mendongkrak kepopulerannya di kalangan milenial. Cabe merah kaya akan vitamin A, dan mereka bisa mengurangi nyeri, memerangi radikal bebas, menurunkan kolesterol, melegakan hidung tersumbat, dan mendongkrak imun tubuh.

Capcaisin, senyawa di dalam cabe, bisa membantu mendongkrak metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

4 dari 6 halaman

4. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah yang sangat multiguna. Tidak hanya bisa digunakan dalam masakan, rempah berbau wangi ini juga bisa Anda tambahkan dalam minuman atau bahkan camilan manis.

Menurut US News, menaburkan kayu manis dalam kopi pagi sudah bisa mensuplai tubuh dengan asupan mangan dan serat yang dibutuhkan.

Belum lagi jika Anda memiliki diabetes, menambahkan kayu manis dalam makanan yang berkarbohidrat bisa membantu mencegah gula darah melonjak. Kayu manis juga bisa membantu tubuh merespons insulin dengan lebih baik.

Kayu manis juga bisa mencegah pembekuan darah, melegakan gangguan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

5 dari 6 halaman

5. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu obat flu terbaik yang sekaligus bisa meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena bawang putih bisa menurunkan kolesterol dan trigleserida. Bawang putih juga memiliki properti anti-inflamasi.

Studi telah menunjukkan, bawang putih bisa melindungi pembuluh darah dari stres oksidatif dan inflamasi.

Untuk mendapatkan efek baiknya, pastikan Anda mengonsumsi setidaknya setengah siung bawang putih setiap hari.

6 dari 6 halaman

6. Oregano

Oregano adalah rempah yang banyak digunakan dalam masakan mediterani dan Italia. Sejumput oregano sudah bisa memperkaya rasa pasta dan pizza.

Satu sendok teh oregano kering adalah sumber vitamin A dan serat yang sangat kaya. Selain itu, rempah ini juga kaya akan antioksidan. Jumlah antioksidan dalam satu sendok teh oregano sama besarnya dengan yang ada dalam tiga cangkir bayam.

Terlebih lagi, oregano juga mengandung anti-bakteri yang kuat, terutama melawan kuman di dalam perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.