Sukses

Resolusi 2018 Ingin Langsing, Ini 3 Cara yang Bukan Diet

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru memang sering dijadikan sebagai simbolis awal yang baru. Tak heran banyak orang kemudian menetapkan resolusi di awal tahun. Termasuk awal tahun 2018 besok.

Salah satu resolusi tahun baru yang paling banyak dibuat adalah: diet baru, menurunkan berat badan, dan ingin langsing. Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan seringnya berfokus pada makanan dan diet. Namun sebenarnya, diet bukanlah satu-satunya cara mengendalikan berat badan.

Kesalahpahaman itulah yang membuat banyak orang menjadikan diet sebagai resolusi tahun baru mereka. Namun survei yang dilakukan oleh Aldi, hanya 9 persen dari mereka yang berpegang teguh pada resolusi diet tersebut.

Untuk menurunkan berat badan dan menjaganya, Anda perlu menjalankan kebiasaan sehat. Beberapa dari kebiasaan itu terlihat tak berhubungan dengan berat badan.

Melansir Women's Health, Minggu (31/12/2017) berikut tiga kebiasaan sehat yang akan memperbaiki mood dan menurunkan beberapa kilogram dari berat tubuh yang bisa jadi resolusi 2018 Anda:

 

 Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 4 halaman

1. Lebih banyak tidur

Mungkin terdengar tak masuk akal. Namun, saat Anda kurang tidur, akan sulit untuk memantau dan menjalan diet atau olahraga Anda.

Bahkan, satu studi yang diterbitkan pada November 201 di European Journal of Clinical Nutrition menemukan, partisipan yang tidur kurang jadi 5,5 jam per malam makan 385 kalori lebih banyak keesokan harinya.

Orang yang kurang tidur juga sering memiliki berbagai jenis makanan yang berbeda. Mereka akan melewatkan protein, dan malah makan makanan tinggi kalori.

2 dari 4 halaman

2. Fokus pada tindakan, bukan hasilnya

Menetapkan target, tapi kemudian mundurlah dan tentukan tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai target tadi. Sebagai contoh, jika Anda ingin menurunkan berat badan, perkirakan secara masuk akal berapa lama waktu yang akan Anda perlukan.

Lalu beralihlah pada tindakan dan perbuatan kecil yang bisa membantu mencapai target: berhenti minum soda, makan protein di setiap waktu makan, mengisi setengah piring Anda dengan sayuran, dan lainnya. Tindakan-tindakan tadi perlu untuk perubahan.

Ketika setiap tindakan tadi dilakukan, secara konsisten, hasilnya akan kelihatan.

3 dari 4 halaman

3. Berhenti menyiksa diri terhadap makanan

Makan seharusnya nikmat. Makanan juga menawarkan banyak hal selain nutrisi. Mereka mengisi tubuh dan pikiran. Makanan menciptakan percakapan dan koneksi antarmanusia. Dan pada akhir hari, satu makanan bisa menentukan kesuksesan Anda.

Jika saat Anda keluar bersama teman lantas terlalu banyak makan dan minum, tak usah dipusingkan. Hal itu sudah terjadi. Fokuslah pada apa yang bisa Anda lakukan setelahnya. Pusatkan perhatian pada ke mana Anda akan melangkah, bukan apa yang telah terjadi.

Tiga hal di atas sama sekali tidak berhubungan dengan diet dan makanan. Memiliki pola makan sehat seringnya lebih berhubungan dengan otak dan pola pikir, dibandingkan dengan perut.

Ketika Anda memiliki pola pikir yang sehat, semuanya akan berjalan seperti seharusnya, dan berat badan Anda akan turun.

Artikel Selanjutnya
Saat Diet, 5 Kesalahan Ini Paling Sering Wanita Lakukan
Artikel Selanjutnya
Minuman Soda, Rahasia Umur Panjang Nenek 104 Tahun